FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 09-2020

    287

    Peringatan 75 tahun Hari Bakti Postel, Semangat Dukung Percepatan Transformasi Digital

    Kategori Berita Kementerian | Irso

    Jakarta, Kominfo – Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, menyatakan sejarah Hari Bhakti Postel ke-75 pada 27 September setiap tahunnya merupakan sejarah kepahlawanan (heroik). 

    Menurut Dirjen SDPPI, sejarah tersebut menginspirasi ekosistem Postel untuk menterjemahkan sejarah kepahlawanan Angkatan Muda Pos, Telegrap dan Telepon (AMPTT) dalam konteks kekinian.

    “Yang paling jelas adalah kita dari bidang Kominfo termasuk juga khususnya Ditjen SDPPI harus bisa menterjemahkan untuk mensuport percepatan transformasi digital. Jadi artinya itu, spirit dari kepahlawanan AMPTT itu diterjemahkan spiritnya tetap bekerja keras, menuntaskan dan mempercepat proses transformasi digital,” jelasnya,” tutur Dirjen Ismail, Jakarta, Senin (28/09/2020).

    Mengutip arahan Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam perayaan Hari Bhakti Postel ke-75 menekankan dalam aspek percepatan transformasi digital, Dirjen SDPPI menyatakan arahan tersebut tepat dengan konteks saat ini.

    “Jadi arahan Pak Menteri tadi sangat tepat karena beliau ingin menekankan dan memberikan arahan agar spirit itu tetap ditumbuhkan dan diterjemahkan ke dalam konteks kekinian,” ujarnya.

    Dirjen Ismail menyebutkan salah satu agenda utama dalam transformasi digital adalah agenda infrastruktur, “Kita berharap agar konektivitas digital, akses terhadap internet khususnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya.

    Secara khusus, Dirjen SDPPI menyatakan konektivitas digital di Indonesia sangat bertumbuh pada mobile broadband dan melalui perangkat seluler. Oleh karena itu, Dirjen Ismail memastikan pihaknya tetap dan harus mengawal agar spektrum frekuensi radio tersedia

    "Seluler sendiri merupakan jantungnya spektrum frekuensi radio. Kami memastikan tetap dan harus mengawal agar spektrum frekuensi radio tersedia cukup dan juga bisa dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh operator agar menghasilkan kualitas jaringan seluler yang terbaik, tidak hanya di kota-kota besar tetapi sampai di seluruh pelosok Tanah Air," jelasnya.

    Peringatan Hari Bakti Postel dilatari sejarah perjuangan pahlawan khususnya pahlawan Angkatan Muda Pos, Telegrap dan Telepon (AMPTT) yang merebut jawatan PTT dari tentara Jepang saat itu. Dirjen SDPPI Kominfo menilai perjuangan tersebut merupakan aksi yang heroik. Oleh karena itu, Dirjen Ismail mengajak insan Kominfo untuk menjadikan jejak sejarah AMPTT sebagai inspirasi untuk menterjemahkannya dalam konteks saat ini. 

    “Sejarah AMPTT itu tentu menginspirasi kita untuk menterjemahkan sejarah kepahlawanan Angkatan Muda PTT pada zaman itu tentu kita terjemahkan di dalam konteks kekinian,” jelasnya.

    Berita Terkait

    Kolaborasi Kominfo, Global Tech Company dan Startup Lokal Pacu Transformasi Digital UMKM

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan Mitra Global Tech Company (Google Indonesia) dan Start-up Lokal (Go-jek, dan Tok Selengkapnya

    Refocusing Anggaran untuk Percepat Transformasi Digital

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menyatakan pandemi Covid-19 telah memperlambat perekon Selengkapnya

    Adaptasi Kebiasaan Baru, Kominfo Dorong UMKM Bertransformasi Digital

    Pandemi Covid-19 merupakan momentum yang terbaik bagi Indonesia dalam melakukan percepatan transformasi digital di bidang bisnis dan ekonomi Selengkapnya

    Hadapi Pandemi, Menkominfo Tekankan Transformasi Model Bisnis dan Percepat Digitalisasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menilai, pandemi Covis-19 membawa perubahan signifikan dalam menjalani aktivitas sehari-h Selengkapnya