FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 07-2020

    244

    Fasilitasi Tenaga Kerja Kemaritiman, Kominfo Gelar Ujian REOR Daring

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Bogor, Kominfo – Pemerintah terus berupaya memfasilitasi pemenuhan kebutuhan tenaga kerja bidang kemaritiman. Selama pandemi Covid-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar ujian Radio Elektronika dan Operator Radio (REOR) dengan sistem daring (online).

    “Harapan saya, kebutuhan ketenagakerjaan di bidang kemaritiman bisa dipenuhi dan masyarakat dapat memperoleh pekerjaan, sehingga aktif membantu secara makro perekonomian Indonesia,” kata Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Dwi Handoko di Bogor, Kamis (09/07/2020).

    Pelaksanaan sistem ujian REOR daring menghubungkan antara tim penguji dari Wisma Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Cisarua-Bogor dengan 25 peserta di Lemdik Bharuna Bhakti Utama Surabaya. "Kontak dilakukan melalui video conference yang dibantu oleh pegawai Balai Monitor Kelas I Surabaya," ungkap Dwi Handoko.

    Dwi Handoko mengungkapkan ujian dengan sistem daring sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 2019 sebagai bagian dari program transformasi digital lembaga ini. Belakangan, bertepatan terjadinya wabah global, Ditjen SDPPI tinggal menyesuaikan lagi panduan sistem ujian daring yang ada dengan Protokol Kesehatan.

    “Ditjen SDPPI bersama lembaga pendidikan dan balmon harus bersikap serius. Artinya, jangan sampai untuk pemenuhan sertifikasi, kita malah melanggar Protokol Kesehatan Covid-19, hingga berdampak penyebaran semakin meluas. Jangan sampai ini menjadi sumber masalah bagi masyarakat,” jelasnya.

    Ujian jarak jauh bagian dari kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan, yakni menghindari kerumunan selama masa Pandemi Covid-19. Protokol Kesehatan lainnya juga diberlakukan, terutama bagi peserta, sebelum masuk ruang ujian dilakukan pengecekan suhu badan, wajib menggunakan masker, disediakan sarung tangan, dan pengaturan jarak tempat duduk. Panitia pun menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

    Sebelumnya, Senin (6/7/2020), pertama kali dilakukan ujian REOR dengan sistem daring. Ditjen SDPPI berupaya memenuhi tingginya permintaan kebutuhan sertifikasi masyarakat maritim di Batam, Kepulauan Riau. 

    “Kita berpikir keras bagaimana caranya ujian praktik bisa dilaksanakan secara online. Akhirnya bisa pertama kali di Lemdik Indora Foundation Batam dengan dibantu Balmon Kelas II Batam. Dan, yang kedua kali ini bersama Balmon Surabaya,” kata Direktur Operasi Sumber Daya.

    Berita Terkait

    Inilah Nominasi Pemenang Anugerah Jurnalistik Kominfo 2020

    Sejak tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Anugerah Jurnalistik Kominfo sebagai bentuk apresiasi bagi para jurnalis Selengkapnya

    Percepat Penerapan 5G, Kominfo Dapat Dukungan DPR

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapatkan dukungan dari Anggota DPR RI dalam rangka upaya percepatan penerapan 5G di Indonesia. Selengkapnya

    Dorong Warga Jadi Wirausaha, Kominfo Gelar Pelatihan DEA

    Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong pengembangan kewirausahaan berbasis digital guna mend Selengkapnya

    Ada 42 Isu Hoaks UU Cipta Kerja, Menkominfo: Tersebar di 5 Platform Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan saat ini terdapat dua jenis hoaks berkaitan dengan Undang-Undang Cipta Kerja, Selengkapnya