FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 06-2020

    700

    Denda Rp 250 Ribu Saat Razia Masker di Kendal, Jateng

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar informasi di media sosial tentang razia pemakaian masker bagi masyarakat Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Konon, razia itu berlangsung mulai Senin (22/06/2020).

    Dalam konten itu disebutkan tiga sanksi yang akan dikenakan bagi siapa saja yang melanggar, antara lain menyapu (membersihkan) fasilitas umum, menyanyikan lagu wajib dan denda minimal Rp250 ribu.

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan penelusuran dan menemukan fakta bahwa Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Moh Toha menegaskan bahwa Pemkab Kendal sama sekali tidak menerapkan sanksi berupa nominal uang.

    “Yang ada hanyalah sanksi sosial dengan bentuk beraneka ragam. Adapun sanksi lain yang tercantum dalam pesan tersebut berupa membersihkan fasilitas umum atau lingkungan sekitar memang betul adanya,”ungkap Moh Toha sebagaimana dilansir dari jateng.tribunnews.com.

    Lebih lanjut Toha menjelaskan adanya kemungkinan penerapan sanksi sosial yag mendidik. “Adapun bentuk sanksi sosial lain yang bersifat mendidik bisa saja diterapkan guna mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Moh Toha.

    Berikut daftar lengkap hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo pada Senin (22/06/2020):

    1. Ramalan Kiamat 21 Juni 2020
    2. Akun Palsu Mengatasnamakan Gubernur Kalimantan Utara
    3. PKS Menandatangani Draft RUU HIP
    4. Istilah Kadrun Berasal dari PKI
    5. Daun Mimba dapat Menyembuhkan COVID-19
    6. Denda Minimal Rp 250 Ribu Saat Razia Pemakaian Masker di Kendal
    7. Hati-hati Serangga Keluar dari Stroberi yang Direndam Air Garam
    8. Video Gerombolan Buaya di Surabaya
    9. Video Viral Menunjukkan Pengunjuk Rasa Menjarah Toko Perhiasan di London
    10. Akun Facebook Mengatasnamakan Sekda Samarinda

    Berita Terkait

    Kominfo Bagikan 5 Ribu Set Top Box untuk Warga Miskin Buleleng

    Bagi masyarakat yang mampu untuk membeli Set Up Box, Kementerian Kominfo juga menjamin kestabilan harga STB pada rentang harga yang terjangk Selengkapnya

    Delegasi DEWG G20 Diajak Menikmati Matahari Terbenam di Puncak Waringin Labuan Bajo

    Delegasi DEWG G20 Labuan Bajo berada di lokasi tersebut selama 30 menit. Di sana mereka akan menikmati pemandangan indah tersebut dengan sug Selengkapnya

    Awas Hoaks! Ditlantas Polda Razia Masker dan Terapkan Denda

    Akun Instagram resmi @divisihumaspolri, pihak kepolisian mengklarifikasi bahwa tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. Selengkapnya

    Ada 350 Ribu Masyarakat Hadiri Peluncuran Literasi Digital Nasional

    Sekitar 350 ribu masyarakat yang berasal dari berbagai daerah yang mengikuti peluncuran Program Literasi Digital Nasional oleh Presiden Joko Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA