FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 02-2020

    270

    Kominfo Fasilitasi ASN Kembangkan Kompetensi Digital

    Kategori Berita Kementerian | Yusuf

    Jakarta, Kominfo - Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Cecep Ahmed Feisal menyatakan kompetensi digital perlu dikuasai oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Kominfo. Oleh karena itu, pihaknya memfasilitasi pengembangan kompetensi ASN melalui acara Sharing Knowledge Dasar Cloud Computing.

    “Sesuai arahan Bapak Menteri Kominfo yang mengharapkan agar pengembangan kompetensi digital skill tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat, tapi juga bagi PNS di lingkungan Kominfo itu sendiri,” katanya saat membuka acara di Ruang Anantakupa, Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (12/02/2020).

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dari Kementerian Kominfo dalam mengembangkan kompetensi SDM Kominfo. "Hal tersebut juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar mengedepankan pengembangan SDM sebagai pendukung utama pembangunan nasional," ungkapnya.

    Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pelaksanaan pemenuhan hak pegawai berkaitan dengan pengembangan kompetensi sebanyak minimal 20 jam pelajaran per tahun. "Seperti yang tertuang dalam PP Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, serta Peraturan LAN Nomor 10 tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi PNS. Oleh karena itu, kegiatan sharing knowledge ini dapat menjadi salah satu upaya yang cukup efektif dan efisien,” jelas Cecep Ahmed Feisal.

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo berharap, sharing knowledge yang menghadirkan Furin Ongko selaku Praktisi Ahli dari AWS ini, dapat memperbaharui pengetahuan terkini bagi pegawai di lingkungan Kominfo guna mendukung pengembangan industri 4.0. “Untuk itu setiap pegawai yang hadir dari awal sampai akhir nantinya akan diberikan sertifikat sebanyak 4 jam pelajaran,” tuturnya.

    Biro Kepegawaian dan Organisasi menggandeng Amazon Web Services (AWS) untuk Sharing Knowladge mengenai Dasar Cloud Computing. AWS memiliki program digital skill yang mendukung Program Nasional Kementerian Kominfo yakni Digital Talent Scholarship (DTS). Program itu ditujukan untuk meningkatkan kecakapan masyarakat Indonesia dalam bidang big data, internet of things, artificial intelligence, machine learning dan beberapa keterampilan digital lainnya. 

    Kepala BKO Cecep menambahkan, di tahun 2020, akan memfasilitasi pengembangan kompetensi pegawai dalam bentuk lainnya di bidang digital skill. "Seperti pelatihan dengan Pusdiklat, BPPTIK, maupun penyedia pelatihan lain. Contohnya Big Data, Basic-Intermediate Digital Skill, Desain Grafis, IT Service Management, dan Pelatihan GIS," jelasnya.

    Oleh karena itu, Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta dukungan seluruh pihak. "Baik pimpinan, pengelola kepegawaian maupun pegawai itu sendiri. Saya ucapkan selamat belajar dan berikanlah manfaat yang terbaik bagi organisasi, satuan kerja dan diri sendiri," ungkapnya. 

    Sharing Knowledge Dasar Cloud Computing dibagi menjai dua materi pokok yaitu Technical Essential yang diperuntukkan bagi pegawai yang memiliki dasar lebih khusus di bidang teknis IT, serta Business Essential bagi pegawai yang membutuhkan kompetensi digital skill namun tidak berlatar belakang IT. Materi Business Essential untuk struktural pada tanggal 12 Februari dan 17 Februari untuk pelaksana dan fungsional, serta materi Technical Essential pada 20 Februari 2020.


    Berita Terkait

    Hati-hati Disinformasi, Pemerintah Pertontonkan Mega Korupsi Di Tengah Covid-19

    Beredar kabar melalui media sosial WhatsApp yang menyatakan Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin mempertontonkan megakorupsi triliunan rupiah. Pe Selengkapnya

    Menkominfo Imbau Platform Digital Stabilkan Harga Layanan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau kepada seluruh platform digital agar ikut memantau dan menjaga ketersediaan har Selengkapnya

    Kominfo Dukung Kanal Informasi untuk BNPB dan Kemenkes

    Dalam penanganan pandemi Covid-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama operator seluler berupaya mengimplementasikan protokol Inf Selengkapnya

    Menkominfo: Situs Resmi Covid-19 Tidak Dikenakan Biaya Kuota

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, Kementerian Kominfo telah berkoordinasi dengan operator seluler di Indonesia Selengkapnya