FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 01-2020

    8677

    Menkominfo Minta Operator Seluler Atasi Jaringan yang Terganggu Saat Banjir

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Liputan6.com, Jakarta - Layanan telekomunikasi kembali terganggu saat banjir melanda, pada Kamis (2/1/2020), karena back up power untuk BTS terdampak hanya bertahan selama beberapa jam saja.

    Menkominfo, Johnny G. Plate, dalam keterangannya menyebut, operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTS-nya down, karena masih terdampak banjir.

    "Kemkominfo akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler mengerahkan segala upaya pemulihan BTS yang masih down," kata Johnny dalam keterangan yang diterima Liputan6.com.

    Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan genset, agar BTS bisa teraliri listrik dan berfungsi normal. Pasalnya, PLN masih memutus jaringan listrik di beberapa wilayah karena kondisi yang dinilai belum aman.

    Sebelumnya, sejumlah BTS seluler milik berbagai operator mengalami gangguan karena pemutusan aliran listrik PLN saat banjir, Rabu 1 Januari 2019.

    Kendati demikian, hingga Rabu malam, secara keseluruhan masyarakat dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi, walaupun beberapa BTS mati.

    Di kesempatan yang sama, Kemkominfo juga memberikan update mengenai jaringan telekomunikasi masing-masing operator. Berikut adalah update-nya:

    Update Jaringan Telkomsel dan XL Axiata

    1. Telkomsel

    Kondisi jaringan Telkomsel pasca terdampak banjir masih bisa melayani pelanggan di wilayah Jabodetabek. Beberapa site down tersebar di wilayah Jabodetabek akibat tidak tersedianya power supply karena pemadaman PLN.

    Untuk memperbaikinya, tim network Telkomsel berupaya dan fokus perbaikan site yang down dengan mendistribusikan mobile power backup agar layanan bisa kembali normal.

    2. XL Axiata

    Kondisi jaringan XL masih aman secara keseluruhan, pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL Axiata meski ada beberapa BTS terdampak karena padamnya supply listrik di area-area terdampak banjir.

    Untuk memperbaikinya, tim teknis di lapangan masih berupaya melakukan penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan BTS terdampak bisa tetap beroperasi.

    Update Jaringan Indosat Ooredoo dan Tri

    3. Indosat Ooredoo

    Status jaringan Indosat masih dapat memberikan layanan ke pelanggan meski beberapa site BTS mati karena tidak ada aliran listrik dari PLN.

    Sebagai upaya perbaikan, tim Indosat masih memantau dan melakukan upaya untuk mengaliri BTS dengan listrik dari portable genset. Meski upaya ini terkendala karena wilayah masih terdampak banjir.

    4. Tri Indonesia

    Jaringan Tri masih aman secara keseluruhan, selain itu masih bisa memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. Meski begitu, terdapat beberapa site yang mati akibat pemadaman PLN.

    Tri tengah mengantisipasi dengan menerjunkan tim operation untuk mobilisasi portable genset.

    Update Jaringan Smartfren dan Net1

    5. Smartfren

    Jaringan Smartfren masih aman meski beberapa site terkendala pada Rabu pagi. Namun, semua site sudah dilengkapi baterai cadangan, padamnya listrik PLN tak begitu berpengaruh pada kualitas layanan.

    Per Rabu malam, kondisi site Smartfren yang down sudah mulai beroperasi kembali.

    Penanganan dilakukan dengan mengarahkan tim teknis dan pemantauan sejak Rabu dini hari dan tetap menyiagakan tim untuk antisipasi situasi. Smartfren juga melakukan upaya backup dengan genset.

    6. PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia

    Jaringan Net1 masih aman, perusahaan mengerahkan genset di site yang listriknya mati.

    sumber : liputan6.com

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA