FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 05-2019

    1249

    Gelar Lomba Foto Mudik 2019, Menpar Ajak Milenial Ramaikan

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Pariwisata menggelar Lomba Foto bertema Pesona Mudik 2019. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak kaum milenial untuk mengikuti dan meramaikan lomba dengan mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur lebaran 2019.

    Melalui perlombaan ini, pihaknya menantang warganet yang mayoritas milenial untuk mengeksplorasi kuliner hingga atraksi di destinasi dan agenda selama Ramadan dan Lebaran 2019. 

    Menteri Pariwisata Arief Yahya menjabarkan hal tersebut dalam Rapat Sinkronisasi Acara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Hari Lahir Pancasila, HUT ke 74 RI, dan Hari Sumpah Pemuda yang bertempat di Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta, pada Rabu (08/05/2019).

    Rapat sinkronisasi tersebut sebagai bentuk kordinasi dan sinergi berbagai pihak untuk memperlancar penyelenggaraan sejumlah hari besar yang akan digelar, salah satunya Hari Raya Idul Fitri 1440H.

    “Ada 31 Kegiatan yang berupa event-event dan ada lomba melalui media sosial Instagram, dengan Lomba Foto bertajuk #PesonaMudik2019. Total hadiahnya Rp300 juta, untuk 300 pemenang,” ujar Arief Yahya.

    Menpar menjelaskan, lomba ini dibagi ke dalam 2 periode dan beberapa kategori. Periode 1 (1 - 26 Mei 2019) dengan Tema: Ramadhan Penuh Pesona, Kategori: Kuliner dan Destinasi. Periode 2 (27 Mei - 10 Juni 2019) dengan Tema: Lebaran Penuh Pesona, Kategori: Kuliner - Destinasi - Event.

    Dalam lomba ini obyek yang dinilai adalah Pesona Kuliner, Pesona Event dan Pesona Destinasi di seluruh Pulau Jawa yang menjadi salah satu tujuan mudik Lebaran. 

    “Netizen dapat mengeksplorasi aneka ragam kuliner di seluruh Pulau Jawa, dari mulai Banten sampai Jawa Timur. Yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya juga bisa mengeksplorasi obyek foto yang bagus, baik kuliner, event maupun destinasi. Nanti Kemenpar juga akan menyiapkan Peta Mudik,” kata Menpar Arief Yahya.

    Dalam kesempatan yang sama, Menpar Arief juga menanggapi terkait harga tiket pesawat jelang libur lebaran. Menpar mengatakan akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mencari solusi terbaik atas fenomena melonjaknya harga tiket pesawat.

    “Kita tetap kordinasi dan saya akan ke Kemenhub dalam waktu dekat. Penurunan tarif batas atas akan berpengaruh positif terutama menjelang lebaran,” kata Menpar.

    Karena, lanjut Arief Yahya, saat lebaran dengan sendirinya ada 10 juta orang mudik. Dalam bahasa pariwisata, pergerakan mudik ini disebut wisata. Karena ada orang dalam jumlah besar, bergerak bersama-sama, dari satu originasi ke destinasi untuk berlebaran.

    “Bila wisman otomatis turun. Tapi kalau wisatawan nusantaranya naik 10 juta. Terlebih kalau sekarang harga tarif batas atas pesawat diturunkan diharapkan ada koreksi positif,” jelas Menpar Arief. 

    Berita Terkait

    Jelang Pilkada 2024, Wapres Minta Semua Pihak Jaga Nilai-nilai Demokrasi

    Apabila Pilkada dijalankan sebagaimana aturan yang ada dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, diharapkan prosesnya akan berjalan sesua Selengkapnya

    Gelar Safer Internet Day, Pemerintah Dorong Perlindungan Anak di Ranah Digital

    emenko PMK mengajak seluruh kementerian dan lembaga terkait, institusi swasta, relawan, hingga pembina dan pengasuh anak-anak. Selengkapnya

    Bulan Literasi Aset Kripto 2023, Masyarakat Harus Makin Paham

    Bulan Literasi Aset Kripto diharapkan dapat membangun pemahaman yang benar terhadap literasi aset kripto, Selengkapnya

    Presiden Cek Harga Sembako di Pasar Airmadidi Minahasa Utara

    Kedatangan Presiden Joko Widodo tersebut disambut antusias oleh masyarakat yang telah menunggunya sejak pagi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA