FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2019

    771

    Dirjen APTIKA: Smartphone Dipakai yang Bermanfaat Jangan Sebar Hoaks

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Merdeka.com - Perkembangan digital saat ini setidaknya dapat membuat orang untuk semakin kreatif terhadap peluang bisnis yang ada. Misalnya saja berjualan online.

    Menurut Semuel A. Pangerapan, Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dengan semakin terjangkaunya internet di wilayah-wilayah seharusnya semakin menumbuhkan peluang bagi masyarakat untuk berdagang online.

    Apalagi kata dia, hampir semua orang memiliki smartphone. Maka jelas, hal itu semakin mudah bagi siapapun untuk melakukan kegiatannya dengan menggunakan internet.

    "Jadi jangan smartphone dipakai buat sebar hoaks saja. Tetapi ditujukan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti berdagang. Atau menggunakan gadget untuk hal yang produktif itu akan lebih bagus," terangnya saat acara launching UMKM Go Onlie diJakarta, Selasa (26/2).

    Dilanjutkan Semmy, jualan online itu pada dasarnya mudah. Intinya harus menjaga kepercayaan. Sebab, berjualan online itu yang ditawarkan kepada konsumen hanya melalui foto semata. Maka, sudah seharusnya penjual harus memberikan data-data yang benar dan sesuai.

    "Jual online gampang tapi harus bisa jaga kepercayaan karena gak lihat barangnya tapi gambar. Harus berikan data yang benar untuk calon pembeli. Kalo gak dipercaya, nanti gak ada yang mau beli," katanya di hadapan pedagang pasar PSPT Tebet.

    Saat ini dalam kurun waktu lima tahun dari 2014 hingga 2018 sumbangan UMKM pada produk domestic bruto (PDB) Indonesia mencapai 60,34 persen. Meningkat sebesar 30.50 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan itu terjadi karena perilaku belanja online masyarakat.

    Sumber berita : Merdeka.com(26/02/19)

    Fauzan Jamaludin

    Berita Terkait

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Kominfo Imbau Masyarakat Pakai Tanda Tangan Digital, Apa Itu?

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau agar masyarakat mulai menggunakan tanda tangan elektronik (TTE) sebagai upay Selengkapnya

    Sekjen Kominfo: Kolaborasi dorong perkembangan talenta digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak semua pihak untuk berkolaborasi mendorong perkembangan talenta digital di Indonesi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA