FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 10-2018

    1662

    Kominfo Bakal Tata Ulang Kabel Optik Bawah Laut

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) untuk menata ulang kabel optik bawah laut di perairan Indonesia.

    Menkominfo Rudiantaran Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro sepakat untuk menata ulang keberadaan kabel optik bawah laut yang hingga kini masih belum tertata baik. Harjo juga mengatakan saat ini masih banyak kabel optik yang keberadaannya belum dilaporkan ke Pushidrosal sehingga belum masuk ke dalam peta laut Indonesia.

    Padahal, jika masuk ke dalam peta bawah laut maka kemungkinan putus atau patah bisa ditekan. Disamping itu, pemanfaatannya bisa optimal, misalnya jika peletakan pipa dan kabel tertata baik.

    Harjo mengharapkan dengan cara ini Kemenkominfo bisa membentuk mensosialisasikan kepada pihak ketiga yang melakukan peletakan kabel laut. Disamping itu, ia juga mengimbau adanya peran serta Pushidrosal untuk survei peletakan kabel bawah laut.

    "Pada saat pelaksanaan survei bisa mengikutsertakan technical officer Pushidrosal agar sistem dan metode peletakan kabel bawah laut bisa sesuai standar akurasi posisi dan langsung dipetakan dalam peta laut Indonesia," ungkap Harjo dalam keterangan resmi.

    Menanggapi hal tersebut, Rudiantara mengaku mengapresiasi upaya Pushidrosal dalam menjamin keselamatan navigasi dan keamanan pelayaran. Rudiantara mengatakan pihaknya akan menerbitkan Permen Kominfo yang mengatur seluruh stake holder terkait dengan penggelaran kabel laut dengan melibatkan Pushidrosal.

    Kabel optik bawah laut diguakan untuk menghubungkan telekomunikasi antar daerah hingga antar negara. Proyek Palapa Ring yang menghubungkan Indonesia bagian timur hingga barat juga menggunakan kabel komunikasi bawah laut untuk menyediakan komunikasi suara hingga data. Pemasangan kabel optik bawah laut saat ini menjadi salah satu ujung tombok jaringan internet dunia. Sejumlah raksasa teknologi dunia seperti Google, Microsoft, dan Facebook merupakan beberapa perusahaan yang memanfaatkan jaringan bawah laut untuk menyediakan akses internet.

    Sumber berita : www.cnnindonesia.com (05/10/2018)

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA