FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 10-2018

    1300

    Telepon, SMS, dan Internet Gratis Bagi Korban Gempa Palu

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta -- Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) menyebabkan akses terhadap kebutuhan pokok hingga komunikasi sempat terputus. Operator selueler sebelumnya juga mengakui terdampak bencana tersebut, lantaran pasokan listrik menghambat pengoperasian BTS.

    Tepat tiga hari setelah gempa dan tsunami, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan 1.728 base transceiver station (BTS) telah beroperasi. Tiga operator seluler yang beroperasi di wilayah Sulawesi Tengah yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata menegaskan layanan mereka sudah berfungsi hingga 49 persen.

    Ketiga operator juga menawarkan layanan gratis bagi korban gempa dan tsunami Palu-Donggala.

    Telkomsel menawarkan akses internet gratis menggunakan SSID 'TelkomPeduli' untuk area Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, dan Poso.

    Telepon gratis 50 menit ke semua operator, 200 SMS untuk pelanggan Palu dan Donggala. Promo berlaku mulai 1 Oktober 2018 selama seminggu kedepan. Untuk mengaktifkan layanan gratis ini, pengguna Telkomsel bisa mengakses SSID *888*20# atau SMS dengan ketik 'Sulteng' kirim ke 8999.

    XL Axiata juga menawarkan gratis telepon 10 menit, 10 SMS ke semua operator, kuota internet 500 MB dengan mengaktifkan di SSID *505#. Penawaran berlaku untuk korban gempa selama dua hari sejak layanan diaktifkan.

    Indosat manawarkan layanan telepon gratis dan SMS ke semua operator di area bencana tanpa perlu mendaftarkan paket.

    Selain tiga operator seluler, PLN juga memberikan layanan akses WiFi gratis yang berlokasi di kantor PLN area Palu dan kantor gardu induk Talise.

    Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenkominfo juga telah mengirimkan telepon satelit dan internet melalui koneksi satelit untuk korban gempa dan tsunami Palu.

    Gempa bermagnitudo 7,4 skala Richter pada Jumat lalu mengguncang sejumlah area di Sulawesi Tengah seperti Palu dan Donggala. Akibat bencana ini, hingga Senin (1/10) BNPB melaporkan 844 korban meninggal dunia, 632 orang luka-luka, dan sekitar 48 ribu warga mengungsi.

     

    Sumber: www.cnnindonesia.com (02/10/2018)

    Berita Terkait

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    Solusi Internet Daerah 3T, Kemenkominfo Uji Coba Super Wifi

    JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah menguji teknologi Super Wifi untuk menyalurkan akses internet di ka Selengkapnya

    Kementerian Kominfo bantu akses internet bagi terdampak COVID-19

    Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberi bantuan layana Selengkapnya

    Permudah WFH dan SFH, 2.000 Akses Internet Disiapkan Hadapi New Normal

    Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan 2.000 titik akses internet d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA