FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 09-2018

    952

    Pilpres 2019, Menkominfo Rapatkan Barisan dengan Google Cs

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengumpulkan para perusahaan teknologi, di mana mayoritas adalah bergerak di layanan media sosial, untuk salah satunya mengantisipasi peredaran hoax di internet saat Pilpres 2019. 

    Perusahaan teknologi yang dimaksud, antara lain Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, sampai mesin pencari internet, Google. Mereka dikumpulkan untuk untuk berkoordinasi dengan pemerintah. 

    "Minggu lalu sudah pernah rapat dengan teman-teman platform lainnya untuk membicarakan iklan politik ini," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Jakarta. 

    "Tapi yang pasti Google sudah ketemu saya dan menyatakan mereka tidak akan menerima iklan politik, karena mereka tidak ingin jadi bagian dari proses politik yang sedang terjadi," lanjut Menkominfo. 

    Untuk yang lain, kata Rudiantara menambahkan, ada yang diawasi oleh Bawaslu berdasarkan aturan KPU. 

    Sementara itu, sebagaimana disampaikan Plt Kabiro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, platform lain yang menerima iklan politik tidak lantas menyalahi aturan. Sebab, sampai saat ini tidak ada yang menyatakan pelarangan iklan politik di media sosial. 

    "Bagi non-Google, seperti Facebook dan Twitter, yang menerima iklan politik itu terjadi juga secara global. Tetapi, mereka akan mengikuti aturan Pemilu, misalnya saat masa kampanye dan masa tenang kampanye, mereka ikuti," tuturnya. 

    Sumber berita : www.detik.com (27/09/2018)

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

    Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020. Menteri Komunik Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA