FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
10 06-2018

204

Fasilitasi Pemudik, Kominfo Sediakan Tenda Publik di 9 Lokasi

Kategori Berita Kementerian | mth

Cirebon, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun Tenda Publik Kominfo di sejumlah sembilan titik jalur mudik Pulau Jawa dan Sumatera. Layanan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik ini ditujukan untuk memberikan informasi kepada pemudik serta menyebarkan informasi tentang kinerja pemerintah.

"Tenda publik ini dilengkapi fasilitas ibadah, sarana bermain anak-anak dan pijat gratis. Diharapkan selain bisa digunakan beristirahat dan bersantai para pemudik, juga dapat digunakan sebagai tempat akses informasi publik," kata Dirjen IKP R. Niken Widiastuti di halaman Masjid Al Huda Pengarengan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/06/2018).

Menurut Dirjen Niken, sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa dan Sumatera terdapat sembilan lokasi untuk melayani pemudik motor maupun mobil. "Satu tenda publik disediakan di Pelabuhan Bekauhuni Lampung, empat di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) dan empat di Pantau Selatan Jawa (Pansela)," jelasnya.

Adapun tema Program Tenda Mudik ini adalah Mudik Bareng Guyub Rukun. "Tema ini diinsipirasi semangat kekeluargaan para pemudik yang rela bersusah payah demi berkumpul dengan keluarga di kampung halaman," jelas DIrjen Niken.


Sediakan Informasi Publik  

Pembukaan Tenda Publik Kominfo dilakukan oleh Dirjen IKP di Beber, Cirebon, Minggu. Usai peresmian, Dirjen Niken mengisi Dialogi Publik yang disiarkan langsung melaljui RRI Cirebon. 

Dalam dialog publik dengan warga Dirjen IKP mengingatkan manfaat tenda publik untuk warga. Mulai dari informasi pelayanan kesehatan, seperti BPJS maupun program pembangunan yang lain. “Dengan informasi yang baik, warga tidak mudah dipengaruhi oleh berita hoax dan kabar-kabar yang tidak benar. Seperti serbuan Tenaga Kerja Asal Cina dan yang lainnya,” kata Niken di depan warga. 

Komisioner Komisi Informasi Publik Pusat Arif A. Kuswardono yang menjadi salah satu narasumber mendorong masyarakat untuk memanfaatkan layanan informasi publik. 

“Bapak ibu mungkin tidak mudik, tapi mesti bepergian karena Syawalan, Kupatan, Halal Bil Halal atau undangan hajatan. Sekarang ini arus lalu lintas sedang padat, gunakan informasi untuk mengetahui situasi di jalan,” katanya seraya mengimbau warga Pengarengan juga ikut memanfaatkan layanan informasi mudik yang disediakan oleh badan publik. 

Dalam dialog juga diumumkan secara resmi, lomba foto mudik dengan background/tema Asian Games yang digelar Kominfo. Lomba diadakan sepanjang musim mudik dan arus balik serta berhadiah masing-masing sebuah telepon seluler untuk tiap-tiap pemenang. 

Tenda Publik Kominfo menargetkan untuk melayani pemudik dengan kendaraan roda dua dan roda sempat serta masyarakat setempat.  Fasilitas itu disediakan mulai tanggal 10 Juni s.d. 12 Juni 2018 dengan waktu layanan Pukul 09.00 s.d. 21.00 WIB. 

 

Sejumlah aktivitas disiapkan mulai dari tausiyah, mudik rebana atau qasidah. Tak hanya itu, juga diseakan photo both dan quis atau games yang dapat membantu pemudik beristirahat. Tak hanya itu, Tenda Publik juga menyediakan Buka Puasa Bareng Kominfo dengan makanan gizi seimbang dan minuman sehat.

Sejumlah dialogi interaktif radio/TV pun juga disiapkan, bahkan pada hari Selasa (12/06/2018) diselenggarakan Forum Merdeka Barat (FMB9) yang mengupas tema Mudik Guyub Aman dan Nyaman. FMB9 akan menghadirkan Menteri Kominfo Rudiantara, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Kapolri Tito Karnavian, Kasubdit Angkutan Orang Kemenhub Syafrin Liputo dan Direktur Pemasaran Retail  Mas'ud Khamid.


Berikut lokasi lengkap Tenda Publik Kominfo:

1.Masjid Zainuddin, Kramat, Kab Tegal

2.Masjid Baitussalamah, Kab Kendal

3.Jl. Patapan, Beber, Cirebon

4.Pelabuhan Bakaheuni, Lampung

5.Pelabuhan Merak

6.Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

7.Stasiun Malang Kotabaru, Malang

8.Terminal Bulupitu, Purwokerto

9.Terminal Giwangan, Yogyakarta (*)

Berita Terkait

Kumpulkan Komunitas Kominfo, Bahas Pemulihan Jaringan dan Aksi Kemanusiaan

Pemulihan jaringan telekomunikasi yang terdampak bencana gempa 7.0 SR di Lombok, sesuai perkembangan terkini, dibahas dalam Rapat Koordina Selengkapnya

Menkominfo Ajak Diplomat Senior Jadikan Teknologi Digital Objek Diplomasi Indonesia

Menteri Rudiantara menegaskan kekuatan diplomasi suatu negara berbanding lurus dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital dalam b Selengkapnya

Kembangkan Ekosistem Industri, Kominfo Buat Kebijakan Antisipatif

Komitmen Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk membuat kebijakan yang bersifat antisipatif ditegaskan kembali oleh Menteri Kominfo Ru Selengkapnya

Menkominfo Dorong Start Up dan Unicorn Tawarkan Saham ke Publik

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mendorong perusahaan unicorn dan start up digital untuk melakukan Initial Public Offering atau Selengkapnya