FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 06-2018

    1978

    Fasilitasi Pemudik, Kominfo Sediakan Tenda Publik di 9 Lokasi

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Cirebon, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun Tenda Publik Kominfo di sejumlah sembilan titik jalur mudik Pulau Jawa dan Sumatera. Layanan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik ini ditujukan untuk memberikan informasi kepada pemudik serta menyebarkan informasi tentang kinerja pemerintah.

    "Tenda publik ini dilengkapi fasilitas ibadah, sarana bermain anak-anak dan pijat gratis. Diharapkan selain bisa digunakan beristirahat dan bersantai para pemudik, juga dapat digunakan sebagai tempat akses informasi publik," kata Dirjen IKP R. Niken Widiastuti di halaman Masjid Al Huda Pengarengan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/06/2018).

    Menurut Dirjen Niken, sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa dan Sumatera terdapat sembilan lokasi untuk melayani pemudik motor maupun mobil. "Satu tenda publik disediakan di Pelabuhan Bekauhuni Lampung, empat di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) dan empat di Pantau Selatan Jawa (Pansela)," jelasnya.

    Adapun tema Program Tenda Mudik ini adalah Mudik Bareng Guyub Rukun. "Tema ini diinsipirasi semangat kekeluargaan para pemudik yang rela bersusah payah demi berkumpul dengan keluarga di kampung halaman," jelas DIrjen Niken.


    Sediakan Informasi Publik  

    Pembukaan Tenda Publik Kominfo dilakukan oleh Dirjen IKP di Beber, Cirebon, Minggu. Usai peresmian, Dirjen Niken mengisi Dialogi Publik yang disiarkan langsung melaljui RRI Cirebon. 

    Dalam dialog publik dengan warga Dirjen IKP mengingatkan manfaat tenda publik untuk warga. Mulai dari informasi pelayanan kesehatan, seperti BPJS maupun program pembangunan yang lain. “Dengan informasi yang baik, warga tidak mudah dipengaruhi oleh berita hoax dan kabar-kabar yang tidak benar. Seperti serbuan Tenaga Kerja Asal Cina dan yang lainnya,” kata Niken di depan warga. 

    Komisioner Komisi Informasi Publik Pusat Arif A. Kuswardono yang menjadi salah satu narasumber mendorong masyarakat untuk memanfaatkan layanan informasi publik. 

    “Bapak ibu mungkin tidak mudik, tapi mesti bepergian karena Syawalan, Kupatan, Halal Bil Halal atau undangan hajatan. Sekarang ini arus lalu lintas sedang padat, gunakan informasi untuk mengetahui situasi di jalan,” katanya seraya mengimbau warga Pengarengan juga ikut memanfaatkan layanan informasi mudik yang disediakan oleh badan publik. 

    Dalam dialog juga diumumkan secara resmi, lomba foto mudik dengan background/tema Asian Games yang digelar Kominfo. Lomba diadakan sepanjang musim mudik dan arus balik serta berhadiah masing-masing sebuah telepon seluler untuk tiap-tiap pemenang. 

    Tenda Publik Kominfo menargetkan untuk melayani pemudik dengan kendaraan roda dua dan roda sempat serta masyarakat setempat.  Fasilitas itu disediakan mulai tanggal 10 Juni s.d. 12 Juni 2018 dengan waktu layanan Pukul 09.00 s.d. 21.00 WIB. 

     

    Sejumlah aktivitas disiapkan mulai dari tausiyah, mudik rebana atau qasidah. Tak hanya itu, juga diseakan photo both dan quis atau games yang dapat membantu pemudik beristirahat. Tak hanya itu, Tenda Publik juga menyediakan Buka Puasa Bareng Kominfo dengan makanan gizi seimbang dan minuman sehat.

    Sejumlah dialogi interaktif radio/TV pun juga disiapkan, bahkan pada hari Selasa (12/06/2018) diselenggarakan Forum Merdeka Barat (FMB9) yang mengupas tema Mudik Guyub Aman dan Nyaman. FMB9 akan menghadirkan Menteri Kominfo Rudiantara, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Kapolri Tito Karnavian, Kasubdit Angkutan Orang Kemenhub Syafrin Liputo dan Direktur Pemasaran Retail  Mas'ud Khamid.


    Berikut lokasi lengkap Tenda Publik Kominfo:

    1.Masjid Zainuddin, Kramat, Kab Tegal

    2.Masjid Baitussalamah, Kab Kendal

    3.Jl. Patapan, Beber, Cirebon

    4.Pelabuhan Bakaheuni, Lampung

    5.Pelabuhan Merak

    6.Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

    7.Stasiun Malang Kotabaru, Malang

    8.Terminal Bulupitu, Purwokerto

    9.Terminal Giwangan, Yogyakarta (*)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    Fasilitas Sulih Bahasa Isyarat dari Kominfo Bantu Teman Tuli Ikuti Debat Capres 2024

    Fasilitas itu sangat bermanfaat sekali untuk teman-teman tuli yang menyaksikan Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA