FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 02-2024

    380

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Dalam jejaring media sosial beredar  informasi yang menjadi perbincangan warganet. Konon, informasi itu berisi cara menyalurkan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah tidak menggunakan surat undangan fisik lagi.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta  dari kompas.com, Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024.

    “Surat pemberitahuan atau formulir Model C Pemberitahuan KPU ini akan dikirimkan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang nantinya KPPS akan membagikan formulir Model C Pemberitahuan paling lambat tiga hari sebelum hari pemungutan suara,” ungkapnya.

    Komisioner Idham menjelaskan setiap pemilih yang akan menyalurkan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) wajib membawa dan menunjukkan formulir Model C Pemberitahuan (undangan memilih) dan juga KTP elektronik ke petugas KPPS. 

    Berikut laporan hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo,  Jumat (09/02/2024):

    1. [HOAKS] Pengungsi Rohingya Direkrut Datang ke Aceh untuk Coblos Anies Baswedan
    2. [HOAKS] Pemberian Giveaway Butuh Surat Keterangan Polisi
    3. [HOAKS] Pemilu 2024 Tidak Menggunakan Undangan Fisik

    Berita Terkait

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA