FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
15 05-2018

351

Cerita dari Singkawang, Bangun Dialog Lewat Media Center

Kategori Berita Kementerian | mth
Menteri Kominfo Rudiantara bersama Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan sejumlah pekerja media dan staf Dinas Kominfo Kota Singkawang di depan Media Center Kota Singkawang, Senin (14/05/2018) - (vhutravanjava/MC-Singkawang)

Singkawang, Kominfo - Senin (14/05/2018) siang, Menteri Komunikasi dan Informatika turun dari helikopter yang membawanya dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Tjai Chui Mie, Walikota Singkawang menyambut Menkominfo yang datang bersama Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik R. Niken Widiastuti. 

Ada tiga agenda Menteri Kominfo ketika di Kota Singkawang, pertama peresmian Media Center Kota Singkawang, dialog dengan Blogger dan KIM Kota Singkawang serta meninjau Proyek Palapa Ring.

Menteri Rudiantara mengharapkan keberadaan media center ini mampu menjadi wadah interaktif antara Pemkot dan masyarakat Singkawang. “Media Center ini harus menjadi pusat pemberitaan dan komunikasi yang sifatnya interaktif bukan komunikasi satu arah sehingga terjadi dialog membangun,” katanya usai penandatangan Prasasti Peresmian Media Center Kota Singkawang.

Oleh karena itu, Menteri Kominfo meminta keberadaan Media Center  harus mampu membangun engagement masyarakat bahwa semua lapisan ini menjadi bagian dari media center. 

"Artinya, adanya keterlibatan aktif masyarakat senantiasa menyampaikan dan menyebarluaskan berita maupun informasi yang bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri. Jadi masyarakat Singkawang ini merupakan bagian dari Media Center ini,” jelasnya.

 

Diresmikan Menteri Kominfo

Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menteri Kominfo ke Kota Singkawang.  Menurutnya, Media Center di Singkawang sudah ada sejak tahun 2009 lalu. 

"Bahkan Media Center Kota Singkawang ini meraih prestasi membanggakan di tahun 2010 dan 2013 sebagai salah satu media center terbaik di Indonesia. Tentunya dengan adanya Media Center ini saya selaku Wali Kota berharap masyarakat mendapatkan informasi positif dan bermanfaat,” katanya.

Bahkan Media Center, tambah Walikota Tjhai Chui Mie, mampu menjadi wadah dalam membina dan mengembangkan masyarakat memanfaatkan informasi teknologi yang cerdas di era digital saat ini.

"Keberadaan Media Center ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan terutama sharing informasi dalam rangka mensukseskan pembangunan di kota Singkawang khususnya. Semoga Media Center menjadi mitra bagi semua lapisan masyarakat baik awak media, blogger, Vlogger, penggiat media sosial dan komunitas lainya,” jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang Ahyadi berucap syukur atas peresmian Media Center Pemkot Singkawang oleh Menteri Kominfo Rudiantara. “Ini merupakan satu-satunya media center di Indonesia yang langsung peresmiannya dilakukan Menteri Komunikasi dan Informatika RI,” katanya.

Ahyadi menegaskan apa yang menjadi harapan Menkominfo RI dan masyarakat akan keberadaan Media Center ini akan menjadi serta pengiring tujuan akan keberadaan Media Center ini.

“Kita ingin Media Center ini menjadi pusat komunikasi dan penyebaran informasi yang bermanfaat bagi pembangunan terutama dalam rangka menyukseskan Singkawang Hebat,” terangnya.

(Ditulis ulang dari liputan Vhutra/MC-Singkawang)

Berita Terkait

Bangun BTS Lebih Cepat, Sediakan Akses untuk Warga 3T

Kepala Desa Helebeik Ori Zet Mbooh mengungkapkan bahwa daerahnya selama ini sangat sulit mendapatkan sinyal telekomunikasi. Ia bercerita bah Selengkapnya

Menkominfo Apresiasi Semangat Egaliter Festival Media 2017

Menteri Rudiantara mengapresiasi Festival Media yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) sebagai wahana egaliteri berkaitan de Selengkapnya

Menkominfo: Jangan Dewakan Teknologi, Jadikan Enabler!

"Kita mau mengubah atau tidak atau kita mau diubah atau tidak, tanpa itu ya teknologi tinggal teknologi. Teknologi itu hanya sebagai enabler Selengkapnya

Menpar Ungkap Strategi Komunikasi Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut saat ini Pemerintah Indonesia harus menggunakan strategi untuk mengomunikasikan pariwisata agar mamp Selengkapnya