FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
12 04-2018

341

Era Digital, Humas Harus Ambil Peran Strategis

Kategori Berita Kementerian | mth

Surabaya, Kominfo - Komunikasi dan profesi hubungan masyarakat tidak bisa dipisahkan. Menurut Staf Ahli Menteri (SAM) Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum, Henri Subiakto, tanpa komunikasi hubungan yang harmonis, termasuk dalam hubungan industrial tidak dapat terwujud. Apalagi dengan perkembangan teknologi era digital, Humas harus dapat mengambil peran yang strategis.

"Komunikasi itu sangat penting dan komunikasi adalah tugasnya para Humas. Untuk itu, kita  berkumpul disini adalah bagian dari komunikasi," kata Henri Subiakto dalam sambutannya pada Forum Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) di Surabaya, Rabu (11/04/2019).

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan itu, Henri Subiakto menggambarkan adanya potensi penggantian tenaga kerja manusia oleh teknologi. "Saat ini ada alternatif. Munculnya era digitalisasi yakni adanya teknologi dimana para pekerja semakin lama tergantikan oleh teknologi. Ini ada perkembangan baru yang perlu dipahami oleh insan humas," katanya.

Peran strategis Humas, menurut Henri Subiakto dapat dilakukan dengan cara menyadarkan masyarakat agar mampu menempatkan diri dengan baik.  "Humas perlu tahu dan mempelajari perkembangan perkembangan seperti ini. Regulasinya, hubungan industrialnya, dan juga bagaimana harus mengambil peran dalam menyadarkan masyarakat agar mereka profesional baik dalam menuntut hak-haknya. (Masyarakat) mampu menempatkan dirinya, begitu juga perusahaan pengusaha tidak menjadi agen-agen kapitalis yang hanya mengakumulasi keuntungan tapi juga memperhatikan buruh karena buruh adalah sumberdaya manusia yang akan menjadi kekuatan perusahaan jika di-manage dengan baik," ulasnya.

Dalam acara yang sama, Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan  Hery Sudarmanto mengupas peranan Pemerintah dan Negara dalam penanganan hubungan industrial.  "Negara terus hadir dalam pengawasan dialog sosial antara manajemen dan serikat pekerja untuk meningkatkan perlindungan hak pekerja atau buruh serta merumuskan kebijakan-kebijakan yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan," jelasnya.

Forum Bakohumas bertema Penciptaan Hubungan Industrial yang Harmonis di Perusahaan dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi bertujuan meningkatkan sosialisasi dan penyebaran informasi kepada stakeholders dan pelaku Humas Pemerintah di kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah. Melalui kolaborasi penyerbaran informasi dengan Bakohumas, ditargetkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan apresiasi masyarakat atas berbagai program dan kebijakan pemerintah di bidang ketenagakerjaan. (SINA)

Berita Terkait

Usulkan Digitalisasi Pesantren untuk Permudah Informasi

Ketua Pondok Pesantren Qosim Al Hadi Mijen, Muhafidz, mengusulkan agar Desa Wijen Kota Semarang, Jawa Tengah dapat dijadikan sebagai desa di Selengkapnya

Ajak Pegiat Medsos dan Insan Pers Aktif Perangi Berita Bohong

Ajakan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara untuk memerangi penyebarluasan berita bohong kembali disampaikan. Kali ini di hadapan p Selengkapnya

Ekonomi Digital Bukan Genre Baru, Tapi Cara Baru Berkegiatan Ekonomi

Persaingan di era revolusi industri 4.0 termasuk di dalamnya persaingan ekonomi digital. Ekonomi digital sejatinya bukanlah genre baru ekono Selengkapnya

Adaptasi Ekonomi Digital, Menkominfo Harapkan Mastel Lebih Progresif

Kehadiran Unicorn Indonesia Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak serta pemain baru digital dalam bentuk start up membawa tantangan ters Selengkapnya