FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 12-2017

    1571

    Menkominfo Senang iPhone X Bisa Cepat Masuk Indonesia

    Kategori Sorotan Media | Ayu Yuliani

    Kedatangan iPhone X dan iPhone 8 secara resmi di Indonesia tak hanya disambut meriah oleh para fanboy, tapi juga Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

    Menteri yang akrab disapa Chief RA itu senang sekaligus bangga, iPhone terbaru keluaran Apple akhirnya bisa tiba lebih cepat dari biasanya karena ketegasan pemerintah juga.

    Seperti diketahui, Apple akhirnya tunduk pada peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk semua produk 4G. Pemenuhan TKDN itu dilakukan Apple dengan cara membangun pusat riset atau R&D center di kawasan BSD City, Tangerang Selatan.

    "Bagus karena kan iPhone 4G-nya boleh di Indonesia, karena mereka membangun R&D sebagai kompensasi TKDN," ujar Rudiantara saat ditemui detikINET usai acara komunitas #MudaBergerak di Menara Kibar, Jakarta.

    Saat ditanya lebih lanjut kapan pusat riset Apple di kawasan BSD itu resmi diluncurkan, Rudiantara mengatakan kemungkinan dalam waktu dekat ini sudah bisa terwujud.

    "Tanya sama Apple kapan mereka meluncurkannya. Mungkin dalam waktu dekat, awal tahun (2018) ini, atau akhir tahun (2017) ini mereka akan launching," tambahnya.

    Seperti diketahui, iPhone masuk ke Indonesia lewat dua jalur, mitra distributor dan operator, yakni Erajaya dan Smartfren. Oleh Smartfren, iPhone X dan iPhone 8 akan dijual secara bundling. 

    Ini merupakan kerjasama kedua bagi Smartfren dan Apple yang sebelumnya telah menjalin kemitraan untuk penjualan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

    Sedangkan melalui Erajaya, harga ketiga perangkat premium Apple itu telah diumumkan. Pengumuman ini disampaikan melalui dua jaringan ritel milik Erajaya, yakni Erafone dan iBox. Harga resminya pun sudah terungkap. 

    Berikut rincian harganya:

    iPhone X

    - 64 GB - Rp 18 juta

    - 256 GB - Rp 20,8 juta

    iPhone 8

    - 64 GB - Rp 12,6 juta

    - 256 GB - Rp 15,4 juta

    iPhone 8 Plus

    - 64 GB - Rp 14,5 juta

    - 256 GB - Rp 17,2 juta (rou/rou)

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA