FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 12-2017

    1257

    Pemerintah Dorong Startup Lokal Bergelar Unicorn

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Seperti diketahui, startup yang bergelar unicorn adalah mereka yang memiliki valuasi bisnis mencapai USD 1 miliar. Maka dari itu, program The Next Indonesia Unicorn (NextICorn) digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

    "Kita tidak bisa memastikan unicorn itu ada berapa tapi saya katakan lebih dari lima pada 2019," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

     

    Di awal kepemimpinan Rudiantara sebagai Menkominfo pada era pemerintahan Jokowi, dia terus mendorong startup lokal dapat menyandang gelar unicorn. Tak hanya itu, startup tersebut juga hadir menyelesaikan persoalan dengan sentuhan teknologi.

     

    Dorongan dari pemerintah beragam, mulai dari pendekatan kepada investor hingga memboyong startup tersebut ke Silicon Valley.

     

    "Dulu saya tergetkan lima unicorn akhir 2019, sekarang sudah jadi ada empat, saya yakin nanti ada lebih dari lima. Jadi, berapanya belum tahu karena itu faktornya tidak dipegang oleh pemerintah, melainkan tergantung transaksi, yang pemerintah lakukan adalah dengan menghadirkan iklim yang kondusif atas investasi," tutur dia.

     

    Sejauh ini, ada satu startup yang menyusul status unicorn, yaitu Bukalapak. Startup yang bergerak di bidang e-commerce ini kini setara dengan Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka yang sudah lebih dulu menyandang gelar tersebut.

     

    "Iya (Bukalapak itu startup unicorn). Saya belum tahu nilainya berapa tapi mereka kemarin men-declare," tutupnya.  

    Sumber:https://inet.detik.com/cyberlife/d-3761656/pemerintah-dorong-startup-lokal-bergelar-unicorn

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA