FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 12-2017

    1077

    Menkominfo Permudah Ponsel Populer Masuk Indonesia

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Seperti Apple yang berencana untuk meluncurkan produk terbarunya, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X pada 22 Desember nanti, apabila sudah mengikuti aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), maka bisa dipasarkan segera.

    "Sekarang Kominfo merubah regulasi. Apple kan soal TKDN sudah done deal. Sebelum dipasarkan di Indonesia, vendor harus ada sertifikasi, itu kadang-kadang harus sampai dua bulan," ucap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara ditemui di Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

     

    "Sekarang untuk dikatakan bagi global brand, betul-betul bagus dan dari internasional, itu nggak perlu lagi disertifikasi. Mereka bikin letter of undertaking bahwa produk saya comply dengan standar internasional," tambahnya.

     

    Kemudahan vendor global masuk ke pasar Indonesia itu karena melihat proses panjang yang terjadi sebelumnya, mulai pendaftaran hingga lulus bisa berbulan-bulan. Rudiantara pun menyederhanakan proses perizinan sehingga produk dapat dinikmati masyarakat dengan cepat.

     

    "Setiap tahun, misalnya ada dua produk disertifikasi, dua bulan dari enam bulan itu kan sepertiga, ya habis waktunya, masyarakat jadi rugi menikmati karena habis yang kemudian masuk ke brand baru. Kominfo mempermudah itu untuk beberapa brand masuk tanpa sertifikasi. Memang lab Kominfo lebih canggih dari mereka? Ya enggak kan," tuturnya.

     

    Setelah melalui proses tersebut, vendor dapat langsung menjual produknya di Indonesia. Meski demikian, Kominfo tetap akan mengawasi kualitas produk tersebut di pasaran.

     

    "Nanti ada post market surveillance, dicek dipasar untuk perlindungan masyarakat juga," ucap Rudiantara.     

    Sumber: https://inet.detik.com/consumer/d-3761242/menkominfo-permudah-ponsel-populer-masuk-indonesia

    Berita Terkait

    Kominfo imbau masyarakat akses sumber resmi untuk vaksin COVID-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengimbau masyarakat untuk dapat menanyakan dan memperoleh informasi seputar vaksin COVI Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    Menkominfo Umumkan Lima Juru Bicara Vaksin Covid-19. Siapa Saja?

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengumumkan lima juru bicara baru untuk penanganan Covid-19. Penunjukkan jur Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA