FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 10-2017

    1751

    Kominfo Ingatkan Tipe Konten yang Akan Diblokir

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    "Umpamanya seperti BNN, mengurusi konten tentang narkoba di internet (kemudian mengajukan pemblokirannya ke Kememkominfo). Kalau BP POM, pasti mencari produk yang beredar tanpa izin di masyarakat. Jadi kategorinya banyak sekali," ujar Semuel di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu, 29 Oktober 2017.

    Semuel menyampaikan konten yang menyangkut terorisme juga termasuk tipe utama konten yang akan diblokir. Adapun instansi yang kerap mengajukannya adalah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

    Menurut Semuel, mekanisme pemblokiran secara terpusat di Kemenkominfo ini sengaja diatur karena Kemenkominfo adalah lembaga pemerintah yang berhubungan langsung dengan operator yang secara teknis mampu melakukan pemblokiran. Selain itu, dengan mekanisme ini, dipastikan juga tidak akan ada penyalahgunaan kewenangan yang dimiliki lembaga lain untuk meluaskan tugasnya hingga pemblokiran konten di internet.

     
     
     
     
     
     

    "Jadi Kemenkominfo menyediakan service desk kepada semua instansi-instansi yang mempunyai wewenang (menentukan konten yang dianggap menyalahi aturan)," ujar Semuel.

    Sensor internet

    Pemerintah mulai mempersiapkan penggunaan mesin 'crawling' atau sistem yang akan digunakan untuk menyensor jaringan internet Indonesia dari konten-konten yang dianggap negatif atau menyalahi aturan.

    Semuel menyampaikan bahwa Kemenkominfo dalam waktu dekat akan mengumpulkan para pemangku kepentingan penggunaan jaringan internet di Indonesia untuk menyosialisasikan penggunaan mesin.

    "Akan kiami panggil beberapa instansi untuk menjelaskan sistem ini, bagaimana penggunaannya, bagaimana SOP-nya, bagaimana tata kelolanya untuk melakukan pemblokiran, dan juga kalau ada salah blokir, bisa dilakukan yang namanya normalisasi," ujar Semuel.

    Menurut Semuel, mesin sendiri bekerja dengan cara melakukan penapisan, lantas menganalisa data-data yang tersaring. Hasil analisa yang selanjutnya divalidasi, akan diteruskan ke mesin DNS untuk diblok jika menunjukkan kecenderungan berupa konten negatif. Semuel melanjutkan, pemerintah juga dibekali sejumlah alat dari penyedia layanan, seperti YouTube, untuk memblok konten-konten negatif yang disimpan di masing-masing layanan.

    Pelaksanaan penapisan serta cara-cara lain untuk mencegah penyebaran konten negatif di internet adalah amanat dari Pasal 40 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

    "Kami juga kombinasikan. Menyaring dengan memahami apa yang dilarang oleh penyedia layanan, dan apa yang dilarang undang-undang," ujar Semuel.

    Sumber: http://www.viva.co.id/berita/nasional/972093-kominfo-ingatkan-tipe-konten-yang-akan-diblokir

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA