FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2017

    1968

    Ganjar Pranowo Usul Pemanfaatan IT Desa-desa di Pemalang Jadi Percontohan Nasional

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Namun demikian, yang membuatnya terkesan, hampir seluruh desa di Pemalang sudah mengunggah APBDes dan pendapatan asli desa mereka ke website masing-masing desa. Hal ini menurutnya, sebagai upaya untuk menggelorakan transparansi keuangan pemerintahan sampai di level paling bawah.

    "Kita tidak pernah risih untuk dikoreksi oleh masyarakat. Masyarakat bisa teredukasi dengan baik," katanya.

    Maka, Ganjar berharap adanya pengelolaan informasi di Pemalang bisa jadi percontohan. Mulai komunikasi yang transparan dan kemudahan akses informasi, serta promosi pariwisata.

    "Saya ingin ide original yang dikelola masyarakat ini dijaga, sehingga pengelolaan dana APBDes bisa dibaca oleh banyak orang," ungkapnya.

    Selain itu, ia juga berencana akan menggelar kompetisi pengelolaan teknologi informasi desa se Jateng. Harapannya, permintaan Presiden RI Joko Widodo agar pemerintahan bisa baik dan transparan berjalan di semua lewel, bisa terwujud.

    "Saya senang ketika desa sudah mengapload APBDes saja, itu sudah ciyamik, tempat lain belum bisa. Kalau itu berjalan maka akan menular, siskeudes (sistem keuangan desa) agar dimanfaatkan dengan baik," ungkapnya.

    "Minggu depan tanggal 2 Oktober akan ada pertemuan dengan DPD RI, pengalaman dari Pemalang saya harap dishare," sambungnya.

    Bupati Pemalang, Junaedi mengungkapkan, sampai saat ini dari 211 desa se Kabupaten Pemalang baru ada setengahnya yang sudah terkoneksi internet. Dan tahun 2018 ditarget seluruhnya sudah terhubung.

    "Oktober nanti akan ada festival informatika desa seluruh Indonesia di Guci Pemalang. Ini kerjasama antara Kemenkominfo dan Kemendesa, itu agar kabupaten dan kota bisa melihat pemanfaatan IT di Pemalang," kata Junaedi.

    Ditambahkannya, pemanfaatan internet sebagai penunjang sistem keuangan di desa itu kegiatannya diambil dari Dana Desa serta didukung oleh APBD Pemalang.

    Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2017/09/28/ganjar-pranowo-usul-pemanfaatan-it-desa-desa-di-pemalang-jadi-percontohan-nasional

    Berita Terkait

    Menkominfo Wajibkan Infrastruktur Digital Dukung Kepentingan Nasional

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Johnny G Plate mengatakan bahwa selain memberikan manfaat, infrastruktur Selengkapnya

    Menkominfo Dorong Pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk Layanan Pemerintahan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mendorong penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) dalam layanan publik p Selengkapnya

    Sony Subrata Dukung Pemerintah Tegas terhadap Penyedia Medsos

    Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo meluncurkan buku berjudul Jagat Digital: Pembebasan dan Penguasaan pada Selasa 17 September 2019 di Wisma An Selengkapnya

    Ini Program Kominfo Untuk Jembatani Startup Raih Pendanaan

    Kemenkominfo merancang Yayasan Next Indonesia Unicorn untuk menjembatani para startup potensial guna mendapatkan pendanaan (funding) dari pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA