FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 08-2017

    2581

    Menkominfo Imbau Pers Junjung Tinggi Kaidah Pers

    Kategori Berita Kominfo | patr001

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengimbau agar pers profesional dan menjunjung tinggi kaidah-kaidah pers. "Saya berkeyakinan media cetak atau koran tetap mempunyai segmennya selama ia profesional, selama ia mempunyai kaidah-kaidah di bidang pers," katanya dalam Panggelaran Istimewa Apresiasi Inovasi Koran Sindo di Jakarta, Selasa (29/08/2017) lalu.
     Menteri Rudiantara mengungkapkan keyakinannya media cetak akan tetap bertahan. "Banyak orang berpikiran bahwa media cetak itu akan mati dihantam oleh media online atau media sosial. Selama Sindo profesional mengangkat fakta dan sesuai kaidah-kaidah pers, menjunjung tinggi etika-etika tersebut, dia akan tetap eksis," katanya.
    Lebih lanjut Menteri Kominfo menegaskan saat ini pers sangat independen karena di Indonesia hanya mempunyai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. "Kita beruntung kita punya Undang-undangnya, tidak ada Peraturan Pemerintah atau Peraturan Menteri. Ini menunjukan pers di Indonesia independen," tegasnya.
    Dalam acara Peringatan Ulang Tahun ke-12 Koran Sindo yang mengusung tema inovasi untuk negeri itu, Menteri Kominfo menilai kontribusi pers akan besar dalam membangun demokrasi di Indonesia. "Kalau itu dapat berjalan dengan baik, kita menjadi negara yang menjunjung tinggi pers. Pers menjadi salah satu pilar demokrasi betul-betul dapat berjalan dengan baik," tandasnya.
    Dalam sambutan yang mewakili Presiden Joko Widodo itu, Menteri Rudiantara mengharapkan agar pers dapat lebih profesional. "Baik jurnalismenya, sertifikasinya, dan verifikasinya," pungkasnya. (PS).

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Kominfo Ingatkan Anak Muda Datang ke TPS di Hari Kasih Suara 14 Februari 2024

    Pemilih pada Pemilu 2024 itu didominasi oleh generasi Z, generasi muda yang pada 10-15 tahun kedepan akan memimpin bangsa ini. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Rapat Pembahasan Tingkat I RUU Perubahan Kedua UU ITE

    Menkominfo Budi Arie Setiadi bersama Komisi I DPR RI membahas RUU tentang Perubahan Kedua atas UU ITE. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA