FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
01 08-2017

618

Kominfo Tingkatkan Akses Informasi di Miangas

Kategori Sorotan Media | Rifaldi Putra
Menkominfo Rudiantara di Miangas (dok)

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan  infrastruktur telekomunikasi dan layanan akses informasi di Pulau Miangas, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud di Provinsi Sulawesi Utara.

 

Pulau Miangas masuk dalam kategori wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) yang merupakan pulau yang terletak paling utara di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina.

 

Pulau Miangas memiliki luas 3.2 km2 dan berpenduduk 763 jiwa. Penduduk di pulau ini lebih sering mendapatkan informasi dari Filipina melalui radio karena letak geografis pulau ini yang hanya 48 mil dari Filipina.

Untuk memperkuat akses informasi dari Indonesia,  Menkominfo Rudiantara meresmikan stasiun radio Radio Republik Indonesia (RRI) di Miangas. Selain siaran radio, hadir pula siaran TV digital TVRI di Miangas.

 

Hadirnya siaran RRI dan TVRI di Miangas akan semakin mempermudah akses informasi masyakat dan menegaskan komitmen pemerintah untuk memberikan akses informasi di wilayah Indonesia secara adil dan merata. Pada kesempatan yang sama, diresmikan juga secara simbolis stasiun radio RRI di wilayah  Bima, Rote, Sanggau dan Belitung.

 

Usai peresmian, Rudiantara meninjau BTS milik Telkomsel yang telah diuprade kemampuannya dari semula yang hanya menggunakan teknologi 2G menjadi saat ini memiliki kemampuan 4G.

 

BTS ini merupakan BTS pertama di daerah 3T di Indonesia yang dilengkapi dengan kemampuan broadband. Tidak ketinggalan, hadir pula layanan akses internet di 5 lokasi di Pulau Miangas yaitu Pos TNI AL, Rumah Pintar, SMK dan RRI, Pelabuhan, dan Alun-alun.

 

Upgrade teknologi BTS serta penyediaan akses layanan internet di Pulau Miangas merupakan salah satu program Universal Service Obligation (USO) di bidang telekomunikasi dan informatika yang dibangun menggunakan dana USO oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).
BP3TI, Kementerian Kominfo menargetkan untuk membangun 419 BTS di daerah 3T di tahun 2017.

 

Sebanyak 140 BTS diantaranya sudah dibangun dan beroperasi. Terkait dengan penyediaan akses internet, Kementerian Kominfo menargetkan 800 lokasi di daerah 3T sudah dapat terlayani di tahun 2017.

 

Pada kesempatan ini, Menkominfo melakukan video call dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Jakarta. Video call ini bertujuan untuk menguji kemampuan BTS yang telah diupgrade dengan teknologi 4G serta kualitas layanan akses internet di Pulau Miangas.

 

"Pemerintah memiliki affirmative policy atau kebijakan keberpihakan, untuk daerah terutama di daerah 3T yang tidak profitable secara bisnis, pemerintah akan membangun dan menyediakan akses telekomunikasi menggunakan dana USO,” ujar Rudiantara seperti dilansir laman Kominfo (31/7). 

 

Progam-program yang diluncurkan hari ini di Pulau Miangas merupakan upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan infrastruktur telekomunikasi serta membangun akses informasi masyarakat yang menghubungkan seluruh daerah di Indonesia.

 

Pembangunan sarana telekomunikasi dan informatika serta akses informasi di wilayah perbatasan sesuai dengan amanat poin ketiga Nawa Cita, yaitu membangun Indonesia dari pinggir dengan memperkuat desa-desa dan daerah-daerah dalam kerangka negara persatuan.(ak)

 

Sumber : http://www.indotelko.com/kanal?c=in&it=kominfo-informasi-miangas

 

Berita Terkait

Kominfo dan Infokom Elektrindo Bangun Akses Internet di Papua

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Infomatika (BAKTI) bekerjasama dengan PT Inf Selengkapnya

Polri: Indonesia Tertinggi Kedua Kejahatan Siber di Dunia

Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Syafruddin mengatakan bahwa Indonesia masuk dalam jajaran dua besar negara di dunia dengan kej Selengkapnya

Kominfo: Tak ada data pengguna Indonesia tersedot Cambrige Analytica

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan dalam laporan yang diterima lembaga tersebut dari Facebook dinyatakan tak ada Selengkapnya

Kominfo ajak masyarakat pantau konten negatif di “Medsos”

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak masyarakat untuk ikut secara aktif terlibat dalam pemantauan aplikasi penyedia kont Selengkapnya