FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
14 06-2017

1001

Kominfo Gelar Buka Puasa Bersama Mitra Kerja

Kategori Berita Kementerian | patr001

Jakarta, Kominfo - Keluarga Besar Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Buka Puasa Ramadhan 1438 H bersama mitra kerja di lapangan Anantakupa Kantor Pusat Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Dalam sambutan pengantar, Menteri Kominfo Rudiantara menyebut lansekap sektor teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia yang semakin kompleks. Ini barangkali salah satu event yang representasi stakeholders ICT berkumpul semua di sini. Kalau dulu dari telekomunikasi bergeser kepada internet kemudian kepada konten, macam-macam ada disini. Inilah yang menggambarkan makin kompleksnya landscape dari sektor kita dari ICT,” katanya.

Menyikapi kompleksitas sektor TIK, Menkominfo mengimbau kepada pegawai Kementerian Kominfo untuk menyederhanakan berbagai aturan yang ada. Karena kompleks, saya juga minta dari teman-teman di Kominfo, jangan terlalu banyak aturan. Makin kompleks, makin diatur, makin pusing aturnya,” katanya.

Oleh karena itu, Menteri Rudiantara mendorong deregulasi agar setiap sektor TIK dapat berkembagn dinamis. “Yang dilakukan adalah deregulasi atau sifatnya koridor karena terlalu detil apalagi yang berkaitan dengan internet yang sifatnya berubah-ubah. Makin diatur, belum ditandatangan Peraturan Menterinya, besok berubah lagi,” tuturnya.

Rudiantara mengharapkan agar Peraturan Menteri sektor kominfo jumlahnya semakin berkurang. Kalau Peraturan Menteri, kalau baru sama sekali, tidak apa-apa, tapi kalau misalkan nyinggung-nyinggung yang lama, yang lama harus dicabut. Jadi Peraturan Menteri itu kalau bisa, makin lama makin berkurang,” ujarnya.

Lebih lanjut Rudiantara menyatakan, salah satu tugas Kementerian Kominfo berkaitan dengan perlindungan konsumen sektor TIK mendorong akreditasi yang dilakukan oleh asosiasi. Untuk melindungi masyarakat (konsumen), yang kita berikan adalah akreditasi. Siapa yang melakukan akreditasi? Berikan saja kepada asosiasi. Biar asosiasi melakukan akreditasi. Pemerintah menyediakan koridor-koridornya saja karena yang paling mengerti adalah players (para pelaku),” paparnya.

Selain sektor TIK, Menkominfo menyebut peran Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik di Kementerian Kominfo untuk lebih menggiatkan komunikasi pemerintah kepada masyarakat. Ada satu lagi sektor yang tidak berkaitan langsung dengan sektor ICT yaitu Informasi dan Komunikasi Publik (IKP). Pemerintah sedang menggiatkan bagaimana aktivitas komunikasi kepada publik. Tentunya mengomunikasikan apa yang sudah dilakukan pemerintah,” tambahnya.

Kepada para operator telekomunikasi, Menteri Rudiantara mengharapkan peran operator membantu mengomunikasikan kepada masyarakat sebagaimana diperlukan melalui SMS Blast. Saya berharap bantuan dari teman-teman operator untuk SMS blast. Menurut saya kebutuhannya tidak terlalu banyak dibanding dengan bisnis SMS dari teman-teman operator,” ujarnya. (PS)

Berita Terkait

Kominfo Targetkan Percepatan Layanan Perizinan

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Farida Dwi Cahyarini mengatakan bahwa Menteri Kominfo Rudiantara menginginkan sem Selengkapnya

Menkominfo Ingatkan Generasi Muda Soal Jejak Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika mengingatkan generasi muda agar bisa mengelola jejak digital dengan senantiasa menjaga komentar dalam med Selengkapnya

Menkominfo Ajak Kabupaten Bandung Bangun Daerah Berbasis TIK

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, untuk membangun daerah denga Selengkapnya

Menkominfo: Tingkat Kepercayaan terhadap Media Mainstream Meningkat

Menteri Kominfo Rudiantara mengungkapkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media mainstream di Indonesia meningkat pada tahun 2017 ke Selengkapnya