FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 04-2024

    136

    Wamenkominfo: Pemerintah Terapkan Teknologi Hijau untuk Pembangunan IKN dan PDN

    SIARAN PERS NO. 248/HM/KOMINFO/04/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 248/HM/KOMINFO/04/2024

    Selasa, 2 April 2024

    tentang

    Wamenkominfo: Pemerintah Terapkan Teknologi Hijau untuk Pembangunan IKN dan PDN

    Pemerintah tengah mengembangkan inovasi dan teknologi sebagai upaya menangani krisis akibat perubahan iklim. Salah satunya dengan menerapkan teknologi ramah lingkungan atau teknologi hijau.

    Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyatakan keberadaan teknologi hijau menjadi solusi meredam dampak buruk aktivitas manusia terhadap lingkungan. Bahkan, pemerintah telah menerapkan untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Pusat Data Nasional (PDN)

    “Setidaknya ada dua proyek yang sudah disusun Pemerintah Indonesia demi pelestarian lingkungan dan melindungi sumber daya alam.  Pertama yang dilakukan Kementerian Kominfo mengembangkan infrastruktur ramah lingkungan melalui pembangunan Pusat Data Nasional yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.  Sedangkan proyek kedua melalui penerapan nilai-nilai kota cerdas di Ibu Kota Nusantara,” jelasnya dalam Peluncuran Program Inkubasi Hatch x PEDE: Powering Entrepreneurs for Digital Excellence, di Markas Jakarta Midplace Point, Jakarta Pusat, Selasa (02/04/2024).

    Wamen Nezar Patria menyatakan penggunaan teknologi hijau yang ramah lingkungan merupakan komitmen Pemerintah Indonesia terhadap kelestarian lingkungan. 

    “Nilai-nilai Smart City di IKN bisa mendukung adopsi teknologi digital dalam kehidupan perkotaan dan keselarasan dengan alam. Selain itu, pelayanan publik di IKN akan mengadopsi teknologi internet of things (IoT) dengan tetap berupaya mengurangi emisi karbon," tuturnya.

    Dalam pembangunan PDN, Kementerian Kominfo menerapkan teknologi hijau dan telah mendapatkan Sertifikasi Green Data Center dari Green Building Council Indonesia. 

    “PDN yang kami bangun, di dalamnya terdapat panel surya, lampu LED, sistem pendingin udara evaporatif, dan pendinginan gratis. Pendekatan serupa diharapkan dapat mengikuti upaya di lokasi Pusat Data Nasional lainnya,” ujar Wamenkominfo.

    Wamen Nezar Patria mengapresiasi inisiatif British Embassy Jakarta dan Instellar untuk memberdayakan lanskap teknologi hijau ramah lingkungan di Indonesia. Wamenkominfo juga mendorong kedua mitra kerja itu melakukan inisiatif transfer teknologi maupun pengetahuan antara pemain teknologi ramah lingkungan global dan Indonesia. 

    “Inisiatif tersebut harus mempercepat upaya untuk menumbuhkan inovasi dalam mengatasi krisis iklim berdasarkan konteks lokal, jadi saya berharap inisiatif ini dapat mengembangkan inisiatif serupa untuk lebih mengembangkan kolaborasi dan inovasi guna mengatasi masalah sosial yang mendesak," ungkapnya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 307/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA