FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 02-2024

    417

    Wapres Harap Pemimpin Terpilih Membawa Indonesia Lebih Maju dan Sejahtera

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Depok, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 033, Taman Arcadia Mediterania, RW 14 RT 2, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (14/02/2024).

    Wapres dan Ibu Wury tiba di TPS sekitar pukul 09.15 WIB bersama dua putrinya yang juga akan mencoblos, yakni Natasya Nisaul Alfani dan Najla Hanifa Mulkia Rahma.

    Saat memberikan keterangan pers usai mencoblos, Wapres mengungkapkan bahwa dirinya telah menggunakan hak demokrasinya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten pada Pemilu 2024. Menurutnya, pesta demokrasi lima tahunan ini sangat penting untuk menentukan para pemimpin bangsa ke depan.

    Wapres berharap agar Pemilu ini menghasilkan para pemimpin yang mampu membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan sejahtera. Ia pun berpesan kepada para pemimpin yang terpilih nantinya agar dapat merangkul seluruh pihak, baik yang mendukung maupun tidak mendukungnya.

    “Pesannya itu supaya dia bisa membawa negara ini dan merangkul semua pihak baik yang mendukung maupun yang tidak mendukung. Jadi untuk menjadi pemimpin bangsa secara keseluruhan bukan pemimpin kelompok,” tuturnya.

    Terkait penyelenggaraan Pemilu, Wapres juga menyampaikan harapannya agar berjalan dengan damai dan lancar, serta menjunjung tinggi asas-asas Pemilu, yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber-Jurdil). Dengan demikian, hasilnya pun akan sah secara hukum (legitimate) dan diterima oleh seluruh pihak.

    “Dan supaya ini memang hasilnya bisa diterima oleh semua pihak dan keadaan menjadi damai, tenang, dan tidak ada masalah ke depannya. Sehingga, negara kita akan stabil dan pembangunan kita tidak terganggu, keutuhan bangsa tetap terjaga,” pesannya.

    Selain itu, tingginya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya juga menjadi hal yang sangat penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu. Untuk itu, Wapres kembali mengajak kepada masyarakat yang memiliki hak suara untuk segera datang ke TPS yang sudah ditentukan untuk memberikan suaranya.

    “Oleh karena itu, semua masyarakat harus memilih, harus ikut menggunakan hak pilihnya di dalam rangka menentukan pemimpin kita ke depan,” imbau Wapres.

    Setelah mencoblos, Wapres menyampaikan bahwa dirinya akan ikut memantau hasil hitung cepat (quick count) Pemilu di kediaman pribadinya yang berlokasi tidak jauh dari TPS.

    “(Memantau) di rumah. Kan dekat sini rumahnya,” ujarnya.

    Sebagai informasi, di TPS tempat Wapres mencoblos terdapat 190 daftar pemilih tetap (DPT) dan 14 daftar pemilih tambahan (DPTb). Wapres sendiri tercatat pada DPT nomor 94 dan Ibu Wury nomor 180.

    Sebagaimana layaknya masyarakat biasa, Wapres dan Ibu Wury datang ke TPS, kemudian menyerahkan surat panggilan pencoblosan, mengisi daftar hadir, dan menunggu antrian mencoblos bersama warga lainnya. Setelah mencoblos, Wapres dan Ibu Wury sempat berfoto besama masyarakat dan para wartawan sembari menunjukkan jari kelingking yang telah dilumasi tinta sebagai tanda telah menunaikan hak berdemokrasinya.

    Selain Ibu Wury, mendampingi Wapres saat memberikan keterangan pers, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi.

    Berita Terkait

    Presiden Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

    Bantuan yang dikirimkan tersebut, kata Presiden, bernilai kurang lebih Rp30 miliar berupa obat-obatan dan peralatan-peralatan kesehatan dan Selengkapnya

    Wapres Sampaikan Tausiah Tentang Hikmah Puasa

    Wapres menyebutkan bahwa hikmah ibadah puasa berikutnya adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu. Sebab, nafsu merupakan salah satu musu Selengkapnya

    Presiden Berbuka Puasa Bersama dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju

    Ini merupakan buka puasa bersama yang digelar kembali di Istana setelah terakhir digelar pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA