FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 01-2024

    339

    Presiden Sambut Kunjungan Resmi PM Xanana Gusmao di Istana Bogor

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Bogor, Kominfo - Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor-Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (26/01/2024). PM Xanana Gusmao beserta delegasi tiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.00 WIB, diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

    Usai disambut Presiden Joko Widodo, prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali. Setelah itu, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan, dilanjutkan dengan menyaksikan parade pasukan yang melintas di hadapan keduanya.

    Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Indonesia untuk Timor-Leste Okto Dorinus Manik, dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

    Sementara itu, delegasi Timor-Leste yang hadir yakni Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Bendito dos Santos Freitas, Menteri Transportasi dan Komunikasi Miguel Marques Goncalves Manetelu, Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Gastao Francisco de Sousa, Sekretaris Negara untuk Komunikasi Sosial Expedito Dias Ximenes, Kepala Staf Perdana Menteri Elizabeth Gouveia Leite Exposto, Duta Besar Timor-Leste untuk Indonesia Agostinho Simao Barreto, Ketua Konsultasi Pejabat Senior Timor-Leste Roberto Sarmento de Oliveira Soares, dan Dirjen Hubungan Bilateral Asia Oseania Marcos dos Reis da Costa.

    Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Xanana Gusmao untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai, Istana Bogor. Presiden Jokowi dan PM Xanana Gusmao kemudian menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum melakukan penanaman Pohon Merawan (Hopea odorata) bersama.

    Kedua pemimpin kemudian mengadakan pertemuan bilateral di Ruang Oval. Dalam sambutan pembukanya, Presiden Jokowi merasa senang dapat bertemu kembali dengan PM Xanana Gusmao dan meyakini kunjungan tersebut makin meningkatkan hubungan kedua negara.

    “Kunjungan ini menunjukkan makin kokohnya hubungan kedua negara kita, Indonesia dan Timor-Leste,” ujar Presiden Jokowi.

    Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara kedua negara, yaitu nota kesepahaman dalam bidang pengembangan infrastruktur dan nota kesepahaman dalam bidang komunikasi dan informatika.

    Selepas itu, kedua pemimpin kemudian menyampaikan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian penyambutan resmi ini pun diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan bagi PM Xanana Gusmao di Ruang Garuda.

    Berita Terkait

    Presiden Gelar Griya Bersama Para Menteri di Istana Negara

    Acara gelar griya menjadi ajang untuk merenungkan nilai-nilai sosial, kebersamaan, dan harapan bagi bangsa Indonesia. Selengkapnya

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Presiden dan Anggota Kabinet Indonesia Maju Sampaikan SPT Pajak di Istana Negara

    Batas akhir penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2023 adalah tanggal 31 Maret 2024. Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Pemindahan ASN Hingga Digitalisasi di IKN

    Penerapan smart city di IKN menjadi kesempatan yang tepat untuk mengakselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA