FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 01-2024

    385

    Wamen Nezar Patria: Industri TV Nasional Perlu Adaptif Hadapi Disrupsi

    SIARAN PERS NO. 30/HM/KOMINFO/01/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 30/HM/KOMINFO/01/2024

    Selasa, 16 Januari 2024

    tentang

    Wamen Nezar Patria: Industri TV Nasional Perlu Adaptif Hadapi Disrupsi

    Disrupsi teknologi digital saat ini berpengaruh besar terhadap industri televisi nasional. Perkembangan teknologi digital membawa perubahan dalam perilaku penonton, iklan dan perubahan konten.  

    Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyatakan pelaku industri televisi yang tergabung dalam Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) perlu  beradaptasi memanfaatkan peluang disrupsi digital. 

    "Selama dua dekade setelah Undang-Undang Penyiaran pada tahun 2001 ada banyak perubahan yang sangat signifikan di lanskap industri media televisi. Terutama, karena munculnya faktor-faktor digital menggeser pola konsumsi dan perilaku konsumen media," jelasnya dalam Pelantikan Pengurus ATVSI Periode 2023-2026 di Hotel Sultan Jakarta Pusat, Selasa (16/01/2024).

    Menurut Wamen Nezar Patria,  disrupsi teknologi yang menjadikan perubahan penyiaran teresterial menjadi digital membawa banyak konsekuensi, salah satunya berkaitan dengan iklan.

    “Ini persis apa yang terjadi di Thailand kira-kira lima tahun yang lalu ketika mereka melakukan switch siaran analog ke digital. Pertumbuhan iklannya stagnan atau tetap, tidak ada pertumbuhan yang signikan, pemainnya bertambah," ujarnya. 

    Oleh karena itu, pelaku industri televisi harus merumuskan ulang strategi bisnis. Apalagi kehadiran  platform digital bukan hanya mendistribusikan konten yang ada di televisi, tetapi menjadi bagian dari produksi konten yang bersaing dengan yang dihasilkan oleh televisi.

    “Mereka harus merumuskan kembali strategi bisnisnya. Karena apa? Iklannya bertambah, pemainnya banyak. Akhirnya menimbulkan mana yang paling kuat, kreatif, adaptif, bisa bertahan,” tandas Wamenkominfo.

    Namun demikian, Wamen Nezar Patria optimistis sektor industri hiburan akan bisa berkembang sebagai salah satu disrupsi bagi televisi siaran, termasuk dengan kehadiran teknologi Artificial Intelligience.

    “Kita lihat kecenderungan di dunia, saat ini pertumbuhan iklan untuk konten-konten hiburan dan juga konten-konten media digital naik cukup signifikan. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang bisa menghasilkan konten-konten dengan cost yang lebih murah,” tuturnya.

    Data Statista 2023 menunjukkan pengguna layanan televisi secara global diproyeksikan akan mencapai 5,7 miliar pengguna di tahun 2027, atau setara dengan pertumbuhan tahunan 3,66% di rentang Tahun 2023 s.d. 2027.  Kondisi itu berkontribusi pada revenue Industri TV dan Video di tingkat global yang diperkirakan tumbuh pertahunnya sebesar 3,04% di tahun 2024-2028, mencapai USD805,2 Miliar, dengan segmen advertising sebagai sektor yang tumbuh signifikan.  

    Dalam acara itu hadir Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia  Ubaidillah, Ketua Lembaga Sensor Film Rommy Fibri Hardiyanto, Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Imam Sudjarwo dan jajaran direktur Lembaga Penyiaran Swasta serta pengurus ATVSI. Sementara Wamenkominfo Nezar Patria didampingi Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 349/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Media Center World Water Forum ke-10 Siap Layani Pekerja Media

    Saat ini media center sudah siap untuk digunakan oleh pekerja media yang turut menyukseskan forum internasional sektor air yang melibatkan b Selengkapnya

    Siaran Pers No. 348/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Bangun Indonesia Sentris, Menteri Budi Arie: Perlu Pemerataan Talenta Digital

    Menteri Budi Arie menekankan pendekatan Indonesia Sentris dalam sektior digital perlu dilakukan untuk pemerataan talenta digital agar kemaju Selengkapnya

    Siaran Pers No. 347/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Siapkan Talenta Digital, Kominfo Percepat Peralihan STMM ke Politeknik Digital

    Transformasi dari sekolah tinggi menjadi politeknik nantinya juga sebagai pusat kolaborasi bersama para mitra dan stakeholders. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 346/HM/KOMINFO/05/2024 tentang IDTH Bantu Pelaku Industri Kembangkan Ekspor Perangkat Telekomunikasi

    Melalui layanan pengujian perangkat yang menyeluruh IDTH, Kementerian Kominfo berupaya memastikan setiap perangkat yang beredar di pasar tel Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA