FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 12-2023

    346

    Meski Beda Pilihan, Wapres Ingatkan Jangan Sampai Terjadi Permusuhan

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Bangil, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin bersilaturahmi dengan para ulama se-Bangil di Kediaman Habib Abu Bakar Assegaf, Jl. Dorang No. 377, usai melakukan Salat Jumat di Masjid Agung Jami’ Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (22/12/2023).

    Dalam pertemuan tersebut, Wapres membahas berbagai isu, salah satunya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, karena saat ini sudah memasuki masa kampanye pemilihan calon presiden (capres).

    Kepada para ulama yang hadir, Wapres mengimbau untuk memilih sesuai dengan nurani. Kalaupun terjadi perbedaan pilihan, ia mengingatkan, jangan sampai terjadi permusuhan.

    “Jangan sampai ada permusuhan sesama umat, jangan sampai terbelah. Kalau perbedaan karena ijtihadnya berbeda pasti terjadi. Tapi jangan sampai terjadi permusuhan dan keterbelahan umat,” pesannya.

    Menurut Wapres, dalam memilih capres, merupakan perkara hati dan sangat personal.

    “Karena itu saya tidak pernah mendorong untuk memilih [capres) ini. Mintalah fatwa pada hatimu. Oleh karena itu, bisa jadi berbeda-beda, bisa jadi sama,” ujarnya.

    Dalam kesempatan ini, Wapres juga membahas isu syariah. Ia menekankan bahwa syariah bukan hanya tentang ilmu fikih (hukum Islam) dan akidah, tetapi juga muamalah.

    “Walaupun saya jadi Wapres, saya tetap mengembangkan ekonomi syariah. Syariah bukan hanya akidah tapi muamalahnya. Saya menganggap ekonomi syariah menerapkan fikih dalam perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

    Wapres pun mengajak para ulama yang hadir untuk memberikan perhatian terhadap isu-isu muamalah yang tetap berpegang teguh pada prinsip syariah. Sebab ulama berpendapat muamalah tanpa syariah tidak ada nilainya.

    “Bisanya kyai kalau ngomong akidah gercep, tapi kalau muamalah tidak mau. Untuk itu, ini menjadi tugas kita secara keseluruhan,” pungkasnya.

    Para ulama Bangil yang hadir dalam silaturahmi tersebut di antaranya Habib Abu Bakar Assegaf, K.H. Sobri Sutroyono, K.H. Zainuddin Siroj, K.H. Zainul Mustain, K.H. Huda Cholil, K.H. Fahrur Rozi, K.H. Abdur Rachman, K.H. Syamsul Arifin, K.H. Sholeh Hayat, dan Gus Wildan.

    Sementara, Wapres didampingi Sekretaris Daerah Pemprov Jatim Adhy Karyono, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, dan Robikin Emhas, 

    Berita Terkait

    Diakui Dunia, Wapres Tekankan Manfaat Ekonomi Syariah Berdampak Nyata ke Masyarakat

    Pemerintah bersama seluruh elemen bangsa mempunyai tugas besar untuk melanjutkan pembangunan kesejahteraan yang berdampak nyata bagi masyara Selengkapnya

    Wapres Sampaikan Tausiah Tentang Hikmah Puasa

    Wapres menyebutkan bahwa hikmah ibadah puasa berikutnya adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu. Sebab, nafsu merupakan salah satu musu Selengkapnya

    Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin Serahkan Zakat melalui Baznas

    Pada tahun 2023 total pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di SKL Baznas dan LAZ seluruh Indonesia mencapai Rp32 triliun, atau mening Selengkapnya

    Presiden Targetkan Pembangunan IKN Jadi Model Transformasi Bekerja dan Percepat Lahan Investasi

    Menyikapi percepatan lahan untuk investasi, Presiden memberikan arahan untuk memperjelas dan mempercepat status lahan, terutama dalam pembeb Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA