FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 11-2023

    1001

    Wapres Minta Masyarakat Gunakan Hak Suara dalam Pemilu 2024

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Jakarta Pusat, Kominfo – Peran suara pemilih dalam Pelilihan Umum (Pemilu) sangat penting, sebab melalui suara ini nantinya dihasilkan keputusan yang akan mempengaruhi jalannya pemerintahan 5 tahun ke depan. Namun, beberapa lembaga survei memprediksi akan adanya penurunan jumlah pemilih, atau masyarakat yang mengambil sikap golput pada Pemilu 2024 karena mengindikasikan akan adanya penurunan indeks demokrasi.

    Guna mengawal terjaganya amanah dalam memilih pemimpin bangsa, diperlukan partisiapsi Masyarakat secara antusias agar hasil yang diperoleh nantinya pun dapat mewakili suara bangsa Indonesia.

    “Kalau soal partisipasi ya, kita harapkan ada peningkatan, dalam arti positif ya. Kesadaran untuk ikut berpartisipasi supaya hasil Pemilu itu lebih legitimate (sah/valid), sehingga [perlu] diikuti oleh jumlah yang besar,” ungkap Wapres K.H. Ma’ruf Amin usai menghadiri Pembukaan Habibie Democracy Forum, di Hotel Le Meridien, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023).

    Lebih lanjut Wapres menyampaikan, keterlibatan lebih banyak pemilih juga akan meningkatkan pengakuan masyarakat terhadap hasil pemilu.

    “Sebab, itu akan memberikan pengaruh terhadap pengakuan dengan segala pelaksanaannya yang kita harapkan berjalan dengan jujur, adil, bebas dan rahasia. Ini prinsip-prinsip agar berjalan dengan baik,” tutur Wapres.

    Wapres pun berharap, agar tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 tidak menurun, sebagaimana hasil survei beberapa pihak saat ini. Sehingga, kesuksesan penyelenggaraan Pemilu pada 2019 yang berhasil meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat hingga 81.93 persen dapat terulang Kembali dan hasil yang didapatkan pada Pemilu 2024 nanti dapat terus membawa Indonesia kea rah yang lebih baik lagi ke depannya.

    “Target pemilih naik berapa persen? Saya kira belum ada hitung-hitungannya, yang diharapkan itu justru melebihi partisipasi di tahun 2019. Barangkali itu, mengenai berapanya jangan sampai justru menurun. Kalau menurun ini berati ada ketidakpercayaan masyarakat,” pungkas Wapres.

    Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Ketua Dewan Pembina The Habibie Center (THC) Ilham Habibie, dan Ketua Dewan Pengurus THC Dewi Fortuna Anwar.

    Berita Terkait

    Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1445H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

    Menteri Yaqut berharap dengan hasil isbat ini, seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan Idulfitri bersama-sama dengan penuh sukacita. Selengkapnya

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Presiden Apresiasi Kinerja KPU dalam Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

    Sebelumnya, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang ditetapkan dalam Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitung Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA