FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 10-2023

    1126

    [DISINFORMASI] Foto Pria di Buku Nikah Adik Presiden Jokowi Mirip dengan Foto di Ijazah Presiden Jokowi

    Kategori Hoaks | adhi004

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan gambar pada media sosial Facebook yang menampilkan kolase fotokopi buku nikah dan ijazah. Buku nikah tersebut diklaim sebagai buku nikah adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati dengan mantan suaminya. Disebutkan pula pada unggahan tersebut bahwa foto laki-laki yang tertera di buku nikah persis seperti foto ijazah milik Presiden Jokowi saat berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM).

    Faktanya, dikutip dari situs turnbackhoax.id, klaim tersebut adalah hoaks. Buku nikah yang diunggah adalah buku nikah asli Presiden Jokowi, bukan buku nikah adiknya, Idayati dengan mantan suaminya. Buku tersebut dirilis di halaman Facebook Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dalam buku itu terpampang jelas soal Presiden Jokowi. Buku nikah itu dikeluarkan Kantor Urusan Agama Kotamadya Surakarta, Jawa Tengah. Terlihat pada buku tersebut nama Presiden Jokowi beserta gambar Presiden Jokowi mengenakan jas dan berkumis. Diketahui bahwa Presiden Jokowi menikah dengan istrinya yang sekarang, Iriana.

    Kategori: Disinformasi

    Link Counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Mensos Risma Bongkar Dana Bansos Presiden Jokowi Sebesar Rp400 Triliun demi Kemenangan Prabowo-Gibran

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menteri Sri Mulyani Buka Kartu Presiden Joko Widodo

    Selengkapnya

    [HOAKS] Hubungan Presiden Jokowi dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin Memburuk karena Presiden Jokowi Sibuk Mengurus Relawan Tim Pemenangan Prabowo-Gibran

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menkopolhukam Mahfud MD Meminta Presiden Joko Widodo Dihukum Seumur Hidup

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA