FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 10-2023

    930

    Puji WHOOSH, Menteri Budi: Momentum Kemajuan Transportasi Publik

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta Timur, Kominfo - Presiden Joko Widodo meresmikan kereta dengan kecepatan 350 kilometer per jam yang diberi nama WHOOSH. Kereta tersebut merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan kehadiran Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) menandai kemajuan bangsa di sektor transportasi umum. Bahkan Menkominfo optimis jalur KCJB dapat terhubung ke beberapa kota lain selain Jakarta-Bandung.

    “KCJB mantap, KCJB top. KCJB adalah momentum kemajuan transportasi publik buat bangsa ini. Dengan pelajaran KCJB bisa melebar ke Cirebon, ke Surabaya. Sehingga ini lompatan (kemajuan fasilitas transportasi di Indonesia),” jelasnya di Jakarta Timur, Senin (02/10/2023).

    Menteri Budi Arie menceritakan pengalaman saat mendampingi Presiden Jokowi melakukan uji coba KCJB dengan perjalanan dari Jakarta menuju Bandung yang hanya memakan waktu kurang lebih 45 menit.

    “Saya baru merasakan (perdana naik KCJB), saya bilang tidak ada goncangan, mantap. Namanya juga Whoosh singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” ungkapnya.

    Kepada awak media, Menteri Budi Arie menyatakan Kementerian Kominfo akan mengajak industri telekomunikasi untuk melakukan uji coba sekaligus memantau spektrum frekuensi radio yang telah disiapkan mendukung operasional KCJB. 

    “Besok (Selasa 03/10) kita bersama ekosistem telko akan coba (uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung),” jelasnya.

    Sebelumnya, pagi ini, bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Menkominfo Budi Arie mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Usai peresmian di Stasiun Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma, Kepala Negara bersama rombongan melakukan uji coba moda transportasi kerja sama Indonesia-China tersebut.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Menkeu Sri Mulyani Mengundurkan Diri

    Selengkapnya

    Kunjungan ke Surakarta, Menteri Budi Arie Akan Bahas Percepatan Ekosistem 5G

    Consensus Announcement 5G merupakan salah satu pilar TIK untuk mempercepat Transformasi Digital di Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Hadiri Istana Berbatik 2023

    Istana Berbatik merupakan momentum mempromosikan dan menampilkan Batik sebagai produksi asli dan karya kreatif warisan budaya Indonesia ke k Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA