FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 09-2023

    420

    KTT AIS Forum Kesempatan Indonesia Optimalkan Potensi Laut

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail memberikan keterangan kepada ANTARA terkait KTT AIS Forum di Jakarta, Kamis (28/9/2023). - (ANTARA/Cahya Sari.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023

    No.10/SP/TKM-AISFORUM2023/9/2023

     

    KTT AIS Forum Kesempatan IndonesiaOptimalkan Potensi Laut

    Jakarta, 28 September 2023 – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 menjadi momentum Indonesia khususnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggali ilmu dan pengalaman agar memiliki kesatuan data konkret terkait potensi kelautan yang dapat dikembangkan.

    “Pemerintah harus punya data kelautan yang lengkap itu apa aja sih, karena sepertinya kita masih lemah di sini. Sehingga sampai saat ini kita belum tahu apa yang mau kita jual ke luar, mengundang investor dan sebagainya,” kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail kepada di Jakarta, Kamis (28/9/2023).

    Maka itu, KTT AIS Forum dikatakannya menjadi peluang besar bagi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar dengan lebih dari 17.500 pulau, 108.000 kilometer garis pantai, dan tiga perempat wilayah berupa laut, untuk mengoptimalkan potensi laut yang ada, termasuk DKI Jakarta.

    Ismail pun mengakui jika Jakarta mempunyai potensi kelautan, tetapi belum maksimal dieksplorasi. Maka itu Pemprov DKI diharapkan banyak belajar dari negara-negara peserta KTT AIS Forum yang sudah lebih awal mengoptimalkan potensi laut, khususnya pada penyajian data.

    Menurutnya, DKI dapat berkaca pada Negara Uni Eropa yang pada 2012 sudah mulai menerapkan strategi blue growth atau strategi jangka panjang pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

    Strategi itu mengidentifikasi lima area fokus untuk pertumbuhan ekonomi biru yakni di sektor akuakultur, pariwisata maritim, pesisir dan kapal pesiar, sumber daya mineral laut, dan bioteknologi biru.

    Negara tersebut pada 2017 sudah memiliki data pasti mengenai potensi laut melalui laporan Blue Growth Strategy Toward More Sustainable Growth and Jobs in the Blue Economy yang mengkaji apa yang telah dipelajari, apa yang telah dicapai sejak munculnya blue economy, dan apa yang sedang berlangsung, serta potensi apa yang hilang.

    Laporan itu menunjukkan bahwa penelitian dan inovasi selalu menjadi fokus utama Uni Eropa, ditandai dengan adanya alokasi anggaran untuk proyek penelitian dan inovasi kelautan sebesar 911,68 juta dolar AS dari tahun 2014–2016.

    Untuk menarik minat investor, Ismail menyebut, pengembangan potensi kelautan yang dimiliki DKI Jakarta harus bisa terbaca dengan baik oleh negara luar sebagai satu konsep yang utuh, terintegrasi, dan memenuhi unsur-unsur kelestarian lingkungan.

    Data potensi laut yang ada juga perlu untuk dikorelasikan terhadap pertumbuhan ekonomi, baik dari pendapatan per kapita, penduduknya, penyerapan tenaga kerjanya, dan sejumlah hal lainnya yang menjadi variabel ekonomi.

    “Jadi konsepnya harus jelas dulu, sehingga ini nanti yang akan dipertimbangkan oleh calon investor,” ujar Ismail.

    Kesiapan dari sisi regulasi tentang pengelolaan tata ruang laut menjadi hal yang tak kalah penting, sehingga tidak salah kaprah dan eksplorasi sembarangan, sebagaimana aturan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dan tata ruang di darat.

    Regulasi tersebut jelas Ismail sebagai bahan pertimbangan negara luar untuk bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan saat berinvestasi di sektor laut, termasuk di wilayah DKI.

    Berdasarkan data World Bank pada 2021, Indonesia memiliki sektor perikanan terbesar kedua di dunia dengan nilai sekitar 27 miliar dolar AS terhadap PDB, dan menyediakan 7 juta pekerjaan, serta memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan protein hewani negara global.

    Sementara terkait pengolahan makanan berbasis kelautan, data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022 menunjukkan bahwa nilai tambah industri tersebut mencapai Rp29,96 triliun.

    KTT AIS Forum akan digelar di Bali pada 10–11 Oktober 2023, dan akan membahas isu-isu global berkaitan dengan kelautan yang mengusung tema, "Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama".

    Sebagai tuan rumah, Indonesia mendorong dan fokus pada tiga aspek, yakni pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, serta mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.

    KTT AIS Forum mengundang perwakilan dari 51 negara pulau dan kepulauan, dengan target 25 kepala negara/pemerintahan, serta 30–47 pejabat setingkat menteri. 

    ***

    Tentang AIS Forum:

    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagau platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

     

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

    Berita Terkait

    KTT AIS Forum 2023 Sepakati Peningkatan Kerja Sama Inklusif, Setara, dan Solid

    Dukungan penuh Indonesia untuk Deklarasi ini juga dikatakan Presiden sebagai wujud komitmen Indonesia mendorong kerja sama yang sudah terjal Selengkapnya

    AIS Forum Gandeng Akademisi Kembangkan Sistem Perikanan Berkelanjutan

    AIS Forum mengajak sejumlah perguruan tinggi dan lembaga penelitian berkolaborasi mengembangkan solusi inovatif dari masalah tersebut. Selengkapnya

    AIS Forum Bantu Pemulihan Terumbu Karang di Pantai Jayapura

    Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia berada di salah satu ekosistem terumbu karang yang paling beragam di dunia, Selengkapnya

    AIS Forum Latih Pemuda Menyiapkan Tata Kelola Laut

    AIS Forum telah memulai misi untuk melibatkan pemimpin pemuda potensial dan calon pembuat perubahan dari sejumlah komunitas adat di Kepulaua Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA