FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 09-2023

    227

    KTT AIS FORUM 2023 Perkuat Wisata Bahari Berbasis Ekonomi Biru

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Sejumlah turis domestik berwisata di Pantai Perawan, Pulau Pari, yang menjadi salah satu dari sekian banyak tujuan wisata bahari di Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (19/11/2017). - (ANTARA FOTO/R. Rekotomo/am.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023

    No.03/SP/TKM-AISFORUM2023/9/2023

     

    KTT AIS FORUM 2023 Perkuat Wisata Bahari Berbasis Ekonomi Biru

     

    Jakarta, 21 September 2023 – Indonesia menjadi tuan rumah Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 yang akan berlangsung di Provinsi Bali pada 11 Oktober mendatang.

    Forum itu pun dinilai sejumlah pengamat akan menjadi kontribusi Indonesia sebagai inisiator dalam menangani isu-isu global berkaitan dengan kelautan.

    Demikian dikatakan Koordinator Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia, Mohamad Abdi Suhufan, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

    Salah satunya, kata Abdi, adalah pariwisata berbasis bahari. Di antara wilayah Indonesia yang punya potensi tersebut adalah DKI Jakarta yang dikatakannya memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi penopang kehidupan bagi warga pesisir.

    “Seperti di Kepulauan Seribu, tren wisata bahari akan semakin berkembang,” kata Abdi Suhufan.

    Potensi perkembangan wisata bahari itu berdasar pada sumber daya dan kekayaan alam yang ada, seperti; menjadi tempat tinggal bagi ratusan jenis ikan, terumbu karang, mangrove, dan satwa langka yang dilindungi.

    Abdi Suhufan menyampaikan perkembangan pariwisata bahari akan cepat terwujud jika terjadi sinergi yang kuat antara pemangku kepentingan dan masyarakat pesisir.

    Pemerintah maupun swasta perlu mendorong agar masyarakat menjadi pelaku utama dalam mewujudkan ekonomi biru di ibu kota, sehingga dapat menerima manfaat yang besar dan menekan potensi konflik.

    Di sisi lain, masyarakat juga harus meningkatkan kapasitas dan kesadarannya tentang wisata berkelanjutan dengan menjaga ekosistem laut dari kerusakan dan pencemaran.

    Hal lain yang perlu dilakukan yakni meningkatkan dan memastikan ketersediaan infrastruktur dasar di kawasan pesisir, seperti sarana telekomunikasi, air bersih, dan listrik.

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

    Berita Terkait

    Indonesia Ajak Negara AIS Perkuat Pariwisata Berkelanjutan

    Yang menjadi tujuan bersama adalah mewujudkan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan ta Selengkapnya

    KTT AIS Forum Momentum Unjuk Kebaikan Ekonomi Biru

    Untuk mencapai masa depan yang lebih berkelanjutan bagi lautan, lanjutnya, negara pulau dan kepulauan perlu mengembangkan solusi cerdas dan Selengkapnya

    Delegasi KTT AIS Forum Mulai Berdatangan di Bali

    Tari-tarian khas Bali turut menyemarakkan penyambutan kedua tamu KTT AIS Forum yang akan digelar pada 10-11 Oktober 2023. Selengkapnya

    AIS Forum Luncurkan Program Pengembangan Usaha Ekonomi Biru dan Riset

    AIS Forum mempelopori dan mewadahi solusi-solusi inovatif yang diimplementasikan ke dalam berbagai program-program turunan, demi mencapai tu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA