FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 09-2023

    431

    Pertama Kalinya, Menu Gala Dinner KTT ASEAN Ditulis dalam 13 Bahasa

    Kategori Rilis Media GPR | Viska
    Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menikmati pertunjukkan saat Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota Plataran, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023). - (Media Center KTT ASEAN 2023/Agus Suparto/pras.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT KE-43 ASEAN 2023

    No.120/SP/TKM-ASEAN2023/INA/9/2023

     

    Pertama Kalinya, Menu Gala Dinner KTT ASEAN Ditulis dalam 13 Bahasa

     

    JAKARTA, 8 September 2023 – Ada yang menarik dalam perhelatan jamuan makan malam atau gala dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Rabu (6/9/2023).

    Dalam berbagai acara bertaraf internasional, daftar menu yang disajikan kepada tamu undangan lazimnya tertulis dalam bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. 

    Tetapi tidak untuk jamuan makan malam kali ini. Selain bahasa Inggris, ada 12 bahasa nasional yang digunakan dalam daftar menu yang disesuaikan dengan bahasa nasional para tamu undangan. Bahasa-bahasa tersebut adalah Portugis, Italia, Arab, Bengali, Mandarin, Jepang, Korea, Rusia, Vietnam, Tagalog, Laos, dan Kamboja.

    Menurut Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Sosbud dan PIMLN (Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri) Siti Maulidiah, tujuan penulisan menu tersebut adalah sebagai bentuk apresiasi Indonesia atas kehadiran para pemimpin ASEAN dan mitra strategis ASEAN di KTT ke-43 ASEAN. 

    “Untuk negara tamu yang bahasa nasionalnya bukan Inggris, kita terjemahkan ke bahasa nasional mereka. Ini pertama kalinya dilakukan,” ujarnya ketika dikonfirmasi Tim Komunikasi dan Media KTT ke-43 ASEAN 2023, Jumat (8/9/2023).

    Dalam jamuan makan malam KTT ke-43 ASEAN, para kepala negara dan tamu undangan dijamu dengan menu bertema Nusantara The Forest yang meramu berbagai jenis masakan dari sejumlah daerah di Indonesia. Beberapa menu di antaranya adalah kepiting andaliman dari Sumatra Utara, daging kecap dari Jawa, nasi campur Nusantara dari Sumatra Barat dan rawon dari Jawa Timur. 

    Sedangkan untuk hidangan penutup ada Nusantara Urban Forest (IKN) terdiri dari cokelat, spiced banana (pisang berbumbu), jasmine apple (apel melati), dan matcha moss (saus teh hijau). 

    Pada acara makan malam itu, para tamu undangan juga disuguhi beragam penampilan dari sejumlah musisi di Tanah Air. Penampilan tersebut terbagi menjadi empat segmen dengan masing-masing tema yaitu "The Sound of Indonesia, "The Soul of ASEAN", "The Wave of Tomorrow", dan "The Epicentrum of Growth".


    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

    Dapatkan informasi lainnya di  http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Perdana Menteri Sao Tome Hadiri KTT AIS Forum 2023 di Bali

    Norimasa Shimomura menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6518 tiba sekitar pukul 17.20 WITA. Selengkapnya

    TNI dan Polri Kawal Kelancaraan KTT AIS Forum di Bali

    Satgas Tindak bahkan telah melakukan persiapan pengamanan seminggu sebelum penyelenggaraan KTT AIS Forum. Selengkapnya

    Presiden RI di Gala Dinner KTT AIS Forum: Laut Masa Depan Kita

    KTT AIS Forum dilaksanakan untuk mempererat kerja sama antar negara pulau dan kepulauan. Negara-negara kepulauan tersebut memiliki kesamaan, Selengkapnya

    Daftar Kepala Negara dan Delegasi yang Menghadiri KTT AIS Forum 2023

    Sejumlah pimpinan negara dijadwalkan hadir pada KTT AIS Forum di Bali, tercatat lima pimpinan tertinggi negara hadir langsung yaitu Presiden Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA