FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 09-2023

    469

    “Semangkuk Kemerdekaan” Tuai Pujian Ibu Negara di KTT ke-43 ASEAN

    Kategori Rilis Media GPR | Viska
    Antin Sambodo di Spouse Program KTT ke-43 ASEAN di Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (6/9/2023) - (Dokumentasi Pribadi)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT KE-43 ASEAN 2023

    No.119/SP/TKM-ASEAN2023/INA/9/2023

     

    “Semangkuk Kemerdekaan” Tuai Pujian Ibu Negara di KTT ke-43 ASEAN

    JAKARTA, 8 September 2023 – Para pasangan kepala negara peserta KTT ke-43 ASEAN antusias dengan karya seni keramik Indonesia saat gelaran Spouse Program yang diadakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (6/92023).

    Spouse Program yang dipimpin Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu merupakan rangkaian kegiatan dari KTT ke-43 ASEAN. 

    Istri Perdana Menteri Singapura, Ibu Ho Ching tampak antusias mendengarkan penjelasan keramikus perempuan, Antin Sambodo tentang karya seni instalasinya, Bowls of Freedom (Semangkuk Kemerdekaan). 

    Terdiri dari tujuh mangkuk, “Semangkuk Kemerdekaan” adalah seni instalasi yang bercerita soal kebebasan berekspresi di Indonesia sehingga masyarakat dan pekerja seni pada khususnya bisa membuat karya sesuai dengan minat mereka. 

    Instalasi ini juga menggambarkan dirinya yang bebas berekspresi dalam karya-karyanya. Ketujuh mangkuk itu masing-masing menggambarkan ragam minat Antin, yakni keramik, menjahit, crochet, menulis, memasak, berkebun, dan melukis. 

    Keikutsertaan dalam Spouse Program ini berawal dari ajakan Galeri Hadiprana yang dimintai bantuan mencari seniman untuk mengisi dan menampilkan karya seni di acara ini. 

    Awalnya, perempuan penyuka kucing itu mengajukan dua karya untuk dikurasi, “Bowls of Freedom” dan “Jewel of Indonesia”. Panitia akhirnya memilih opsi pertama untuk dipamerkan. 

    “Saya bercerita ke Ibu Ho Ching bahwa di Indonesia ini kami beruntung karena bisa berekspresi dengan passion kami. Mangkuk itu menggambarkan hati kita di mana kita punya passion beragam,” cerita Antin kepada Tim Komunikasi dan Media KTT ke-43 ASEAN, Kamis (7/9/2023).

    Antin menceritakan Ibu Ho Ching sangat tertarik dengan penjelasannya. Bahkan, keduanya cukup lama mengobrol. Ia juga menunjukkan gelas keramik bertuliskan Everybody born with talent kepada Ho Ching. “Iya, itu benar,” kata Ibu Negara Singapura kepada dirinya. 

    Para pendamping pemimpin ASEAN lain juga menyatakan kekaguman mereka terhadap seni instalasi. “Mereka senang sekali setelah saya ceritakan soal kebebasan berekspresi ini,” imbuhnya. 

    Selain pameran, pemilik Jinjit Pottery ini juga melakukan demonstrasi pembuatan keramik. Ia membuat vas yang ditempeli dengan bunga-bunga yang juga terbuat dari keramik. Sembari mengerjakan dirinya menyilakan para ibu menempelkan bunga keramik ke vas buatannya. Mereka tampak senang dan menikmati aktivitas tersebut. 

    “Sebelum event dimulai Ibu Iriana bertanya kalau yang keramik ini ibu-ibu ngapain, saya usul bagaimana kalau ibu-ibu menempelkan bunga di vas dan usul saya disetujui,“ ungkap Antin.

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

    Dapatkan informasi lainnya di  http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Semua Berkontribusi di KTT ke-43 ASEAN

    dampak positif KTT dirasakan oleh para pengusaha hotel di Jakarta. Hadirnya tamu negara yang dibarengi dengan antusiasme masyarakat pada pen Selengkapnya

    Keramik Indonesia Curi Perhatian Delegasi KTT ASEAN

    Jinjit Pottery adalah satu dari 45 UMKM negara-negara ASEAN yang ikut berpartisipasi. Selengkapnya

    Di Balik Langkah Nyaman Tamu Negara KTT ASEAN

    Lebih istimewa lagi karena keduanya yang merupakan binaan Kementerian Perindustrian, juga menggandeng usaha mikro kecil dan menengah dalam a Selengkapnya

    Tiga Dapur Khusus Penyaji Kelezatan Makanan di Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN

    Selain menyiapkan lokasi panggung, set meja untuk makan para tamu, pengelola Hutan Kota GBK secara khusus membangun tiga set dapur yang terb Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA