FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 09-2023

    309

    Energi Hijau Jadi Primadona AIPF 2023

    Kategori Rilis Media GPR | Viska
    Presiden RI Joko Widodo bersama para kepala negara/pemerintahan negara ASEAN mendengarkan presentasi dari Dirut PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo (kanan) saat mengunjungi stan di sela-sela acara ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/9/2023). - (Media Center KTT ASEAN 2023/Galih Pradipta/aww.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT KE-43 ASEAN 2023

    No.117/SP/TKM-ASEAN2023/INA/9/2023

     

    Energi Hijau Jadi Primadona AIPF 2023 

     

    Jakarta, 7 September 2023 – Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani menyatakan bahwa EV Ecosystem and Value Chain merupakan salah proyek yang memiliki peminat sangat tinggi di forum ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF).

    “Ada (presentasi) tiga proyek EV Ecosystem and Value Chain, dan yang datang lebih dari 50 orang sampai kapasitasnya tidak mencukupi,” kata Rosan. 

    Transisi energi dan energi hijau memang tengah jadi topik hangat. Kawasan Asia Tenggara punya target pengurangan emisi yang didasari data proyeksi, bahwa tanpa tindakan memitigasi perubahan iklim, PDB (produk domestik bruto) kawasan ASEAN akan menurun pada 2048, dan menjadikan ASEAN pasar paling rentan di kawasan Asia. Untuk mencapai target pengurangan emisi, diperlukan investasi kumulatif lebih dari US$1,5 triliun pada tahun 2030.  

    KTT ke-43 ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta pada 5- -7 September 2023 mencerminkan semangat negara-negara ASEAN untuk mendorong penggunaan energi ramah lingkungan. Dalam AIPF, topik diskusi unggulan adalah renewable energy, pengembangan green hydrogen, green ammonia, refinery alumina, battery value chain serta infrastruktur jalan tol dan pelabuhan. 

    Agenda AIPF hari kedua yang berlangsung pada Rabu, 6 September 2023 diisi Leaders Talk, Briefers, CEO Fireside Chat dan panel discussion. Semua membahas pendalaman dari tiga subtema AIPF, yakni Green Infrastructure and Resilient Supply Chain, Sustainable and Innovative Financing, serta Inclusive Digital Transformation and Creative Economy.

    Energi bersih ternyata juga menjadi salah satu dari empat sektor yang dijadikan prioritas oleh Australia untuk mengembangkan kerja sama bisnisnya. Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, menyampaikan bahwa Asia menjadi kawasan tujuan utama investasi bagi Australia, sesuai Australia South East Asia Economic Strategy to 2040.

    “Untuk itu beberapa sektor yang menjadi prioritas sesuai yang disampaikan Perdana Menteri Anthony Albaneseada di empat sektor, yakni pertanian dan pangan, ketahanan energi dan transisi energi bersih, infrastruktur, serta pendidikan,” kata Pahala.

    Hal senada diutarakan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam sesi terpisah. Kishida menyebut, sejalan dengan ASEAN Connectivity Initiatives, Jepang akan meningkatkan konektivitas dengan negara-negara ASEAN, khususnya pada enam area yakni pembangunan infrastruktur dan transportasi, konektivitas digital, maritim, ketahanan rantai pasok, green energy, serta sumber daya manusia dan pembangunan.

    Sementara Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan harapan dapat mengembangkan kerja sama inovatif yang fokus pada pembangunan sumber daya manusia, infrastruktur, manajemen laut, mitigasi dan manajemen bencana, serta renewable energy. Program ASEAN-Canada Strategic Partnership menaikkan kegiatan ekspor impor Kanada dengan ASEAN hingga 29% dibandingkan tahun sebelumnya. 

    Business matching yang dihadiri oleh lebih dari 185 investor nasional maupun internasional dari 129 perusahaan selama dua hari AIPF berhasil mendeteksi potensi kerja sama senilai US$32 miliar (sekitar Rp490,59 triliun) untuk Indonesia dan US$810 juta (sekitar Rp12,4 triliun) untuk negara-negara anggota ASEAN lainnya. 

    “Meskipun total project dalam business matching ini belum final, diharapkan agenda tersebut dapat meningkatkan kerja sama dan juga pemahaman akan kebutuhan investasi yang diharapkan oleh seluruh negara yang bergabung dalam rangkaian agenda AIPF,” pungkas Pahala.

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).
    Dapatkan informasi lainnya di  http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Keberhasilan Kolaborasi Penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023

    Kesuksesan KTT bisa dinilai dari kelancaran pelaksanaan acara dan juga keindahan dan kenyamanan tata ruang tempat konferensi diselenggarakan Selengkapnya

    Perdana Menteri Sao Tome Hadiri KTT AIS Forum 2023 di Bali

    Norimasa Shimomura menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6518 tiba sekitar pukul 17.20 WITA. Selengkapnya

    Presiden RI Pimpin KTT AIS Forum 2023

    Besok, hasil dari the 5th MM AIS Forum 2023 akan dibahas oleh para kepala negara di KTT AIS Forum 2023, dan disepakati pada akhir KTT. “Pr Selengkapnya

    Daftar Kepala Negara dan Delegasi yang Menghadiri KTT AIS Forum 2023

    Sejumlah pimpinan negara dijadwalkan hadir pada KTT AIS Forum di Bali, tercatat lima pimpinan tertinggi negara hadir langsung yaitu Presiden Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA