FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 09-2023

    191

    Tari Geol Manis dan Walijamaliha Sambut Tamu Negara

    Kategori Rilis Media GPR | Viska
    Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh (kanan) didampingi Menparekraf Sandiaga Uno (kiri) disambut tarian tradisional saat tiba di Terminal VVIP Bandara Soekarno Hatta, Banten, Senin (4/9/2023). - (Media Center KTT ASEAN 2023/Raisan Al Farisi/aww.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT KE-43 ASEAN 2023

    No.82/SP/TKM-ASEAN2023/INA/9/2023

     

    Tari Geol Manis dan Walijamaliha Sambut Tamu Negara

    Jakarta, 5 September 2023 – Dua tarian khas Indonesia ditampilkan untuk menyambut para pimpinan negara-negara ASEAN dan delegasi saat tiba di bandara Soekarno-Hatta untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 pada 5—7 September 2023.

    Kedua tarian tersebut adalah Tari khas Betawi, Geol Manis, dan Tari Walijamaliha khas Banten. Sambutan yang kental dengan budaya Indonesia ini menjadi daya tarik sendiri bagi tamu kehormatan.

    Tari Geol Manis Betawi adalah tarian tradisional yang berasal dari Jakarta yang menggambarkan kesenangan dan keceriaan anak-anak Betawi yang sedang bermain. Ciri khas dari tari tersebut adalah gerakan yang lincah dan penuh semangat. Para penari, yang biasanya berjumlah genap, berpasangan.

    Penari Geol Manis biasanya mengenakan pakaian tradisional yang terdiri dari baju kebaya untuk perempuan dan baju koko untuk laki-laki. Pakaian ini dilengkapi pula dengan atribut hiasan seperti selendang, kain batik, dan topi.

    Saat ditampilkan, tarian ini diiringi oleh musik khas Betawi seperti Tanjidor dan Gambang Kromong yang merupakan perpaduan alat musik seperti terompet, drum, dan beberapa alat musik tradisional lainnya.

    Selain Tari Geol, para delegasi dan pimpinan ASEAN juga disambut dengan Tari Walijamaliha khas Banten. Tarian ini, yang biasanya dilakukan oleh para penari wanita, menggambarkan keanggunan dan kelembutan.  

    Tarian itu, sejatinya, diciptakan untuk memperingati heroisme Nyi Ageng Serang, seorang pahlawan wanita dari Banten yang dikenal dengan keberaniannya melawan penjajah. Maka dari itu, gerakan dalam tari Walijamaliha melambangkan keanggunan dan keberanian. Gerakannya memang lemah lembut, tetapi di dalamnya terkandung semangat juang yang kuat.

    Para penari Walijamaliha biasanya mengenakan pakaian tradisional Banten yang terdiri dari kebaya, selendang, dan kain batik. Kostum ini menggambarkan keanggunan wanita. Dengan diiringi oleh alat musik tradisional seperti gendang, suling, dan beberapa alat musik tradisional lainnya.

    KTT ke-43 ASEAN yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta diikuti 22 negara. Sebanyak 11 negara di antaranya adalah anggota ASEAN yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, termasuk Timor-Leste. 

    Selain itu sembilan negara mitra yang diundang seperti Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS). Ditambah dua negara lain yaitu Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cooks Island sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF). 

    Indonesia juga mengundang organisasi internasional persatuan bangsa-bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

    Dapatkan informasi lainnya di  http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Di Balik Langkah Nyaman Tamu Negara KTT ASEAN

    Lebih istimewa lagi karena keduanya yang merupakan binaan Kementerian Perindustrian, juga menggandeng usaha mikro kecil dan menengah dalam a Selengkapnya

    Santap Malam dan Hiburan Sempurna Tamu Negara di KTT ke-43 ASEAN

    Dari mulai dekorasi pintu masuk, pilihan menu makanan, hingga hiburan, dan cinderamata, semuanya menampilkan sisi terbaik dari Indonesia. Ke Selengkapnya

    Mengenal Pasukan Cordon Penyambut Kepala Negara KTT ke-43 ASEAN

    Pasukan Cordon merupakan prajurit-prajurit militer TNI Angkatan Darat terbaik. Mereka bertugas sebagai pengawal protokoler kenegaraan. Pasuk Selengkapnya

    TMII Wajah Baru Diyakini Bakal Beri Kesan Mendalam bagi Para Ibu Negara ASEAN

    Rombongan juga akan disajikan hal-hal ringan dari Istana Boneka yang terletak di samping persis dari panggung Budaya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA