FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 09-2023

    357

    “The ASEAN Way” Berkumandang di JCC Senayan

    Kategori Rilis Media GPR | Viska
    Penampil membawakan tarian dan nyanyian saat pembukaan KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta, Selasa (5/9/2023). - (Media Center KTT ASEAN 2023/Akbar Nugroho Gumay/foc.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT KE-43 ASEAN 2023

    No.80/SP/TKM-ASEAN2023/INA/9/2023

     

    “The ASEAN Way” Berkumandang di JCC Senayan

     

    Jakarta, 5 September 2023 – Himne ASEAN, "The ASEAN Way" berkumandang di opening ceremony Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43. Presiden RI Joko Widodo pun memimpin langsung pembukaan KTT ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), pada Selasa (5/9/2023).

    Himne ASEAN tersebut dibawakan secara apik oleh Gita Bumi Voices dengan diiringi Orkestra Puwacaraka. Setelah himne ASEAN selesai dinyanyikan, acara dilanjutkan dengan penampilan orkestra dan tarian yang mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

    “The ASEAN Way” diciptakan oleh Payom Valaiphatchra, dan aransemennya dibuat oleh Kittikhun Sodpraset. Lagu itu terpilih melalui proses seleksi 99 lagu dari seluruh negara anggota ASEAN oleh tim juri beranggotakan 13 orang (sepuluh orang mewakili setiap negara anggota plus tiga orang, masing-masing dari Tiongkok, Jepang, dan Australia).

    Seleksinya diikuti musisi-musisi terbaik dari 10 negara anggota ASEAN.  Total ada 99 lagu yang terdaftar dalam seleksi Karya Cipta ASEAN Anthem. Dari jumlah tersebut, dikurasi kembali oleh dewan juri sehingga terpilih 10 lagu terbaik.

    Proses penjurian pun terbilang spesial, karena para dewan juri beranggotakan 13 orang yang berlatar belakang musisi dan komponis yang ditunjuk langsung oleh Sekretariat Jenderal ASEAN.

    “The ASEAN Way” terpilih karena dinilai dapat mewakili semangat ASEAN Charter atau Piagam ASEAN. Di mana Piagam ASEAN menegaskan kembali prinsip-prinsip yang tertuang dalam seluruh perjanjian, deklarasi, dan kesepakatan yang memajukan negara-negara di kawasan.

    Alasan lain terpilihnya “The ASEAN Way” sebagai himne ASEAN karena memenuhi kriteria sebuah anthem, yakni dapat dinyanyikan dengan khidmat, penuh dengan rasa bangga, serta lirik tidak panjang sehingga mudah diingat dan mewakili slogan ASEAN, “One Vision, One Identity, One Community”.

    Dengan proses seleksi yang panjang, pada 20 November 2008, “The ASEAN Way” resmi dipilih menjadi himne ASEAN. “The ASEAN Way” dan pertama kali dinyanyikan dalam event resmi di hall gedung Sekretariat ASEAN Jakarta, pada 15 Desember 2008.

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

    Dapatkan informasi lainnya di  http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Delegasi KTT AIS Forum Mulai Berdatangan di Bali

    Tari-tarian khas Bali turut menyemarakkan penyambutan kedua tamu KTT AIS Forum yang akan digelar pada 10-11 Oktober 2023. Selengkapnya

    ASEAN Newsroom Wujud ASEAN yang Berpusat pada Masyarakat

    Melalui ASEAN Newsroom Corner yang lokasinya berada di Media Center KTT ke-43 Jakarta ini, kerja sama antarkantor berita di berbagai negara Selengkapnya

    KTT ke-43 ASEAN Momentum Perangi Hoaks dan Disinformasi

    “Saya kira KTT ke-43 ASEAN itu momen yang baik dalam kerangka kerja sama antarnegara ASEAN dalam memerangi itu semua, dan itu ada ASEAN Ta Selengkapnya

    KTT ke-42 ASEAN Perkuat Labuan Bajo Sebagai Destinasi MICE

    Kunjungan wisatawan akan meningkat, dan potensi peningkatan itu akan membantu mencapai target jumlah kunjungan wisman sebesar 8,5 juta wisat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA