FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 09-2023

    275

    Tarian Khas Indonesia Sambut Kepala Negara ASEAN

    Kategori Rilis Media GPR | Viska
    Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh (kanan) didampingi Menparekraf Sandiaga Uno (kiri) disambut tarian tradisional saat tiba di Terminal VVIP Bandara Soekarno Hatta, Banten, Senin (4/9/2023). - (Media Center KTT ASEAN 2023/Raisan Al Farisi/aww.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT KE-43 ASEAN 2023

    No.57/SP/TKM-ASEAN2023/INA/9/2023


    Tarian Khas Indonesia Sambut Kepala Negara ASEAN

     

    Jakarta, 4 September 2023 – Para tamu yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) disambut dengan tarian khas Provinsi Banten ketika mendarat di Terminal VIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

    Perdana Menteri Cook Islands Mark Brown misalnya, Tari Walijamaliha yang menggambarkan keceriaan warga Banten dalam menyambut kehadiran para tamu kehormatan, menyambut setibanya Ia di terminal VVIP Bandara.

    Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, Senin (4/9/2023) mengatakan bahwa penyambutan dengan tarian daerah sebagai upaya menunjukkan kepada dunia kekayaan budaya dan keramahan ala Indonesia dalam menerima tamu.  

    KTT ke-43 ASEAN menjadi kesempatan dalam memperkenalkan budaya Banten ke kancah internasional.

    "Tentunya kita berterima kasih dengan adanya event internasional, kita bisa memperkenalkan Banten. Banyak hal yang bisa kita ceritakan kepada para kepala negara,” katanya.

    Saat menyambut Perdana Menteri Cook Islands, Al Muktabar juga memperkenalkan minuman sop buah sebagai warisan budaya tak benda di Indonesia.

     "Tadi juga beliau suka sop buah. Ketika saya mendampingi beliau di dalam jadi obrolan santai kita mengenai sop buah," ungkapnya.

    Al berpendapat bahwa sambutan hangat yang diberikan kepada para tamu negara menggambarkan Indonesia sebagai negara yang ramah.

    "Maka menjadi tuan rumah KTT ASEAN dengan berbagai negara mengunjungi, kita bisa memperkuat persahabatan antarnegara yang nantinya bisa kita tuangkan dalam perdamaian dunia," ucapnya.

    Setelah Mark Brown, Perdana Menteri Timor-Leste Xanana yang tiba di Terminal VVIP Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Senin (4/9/2023) sekitar pukul 08.00 WIB, juga disambut dengan tarian tradisional.

    Begitu juga dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chính juga telah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Senin (4/9/2023) sekitar pukul 10.35 WIB.

    Kedatangannya disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong. Kali ini tarian khas Betawi yang ditampilkan menyambut para delegasi Vietnam ketika memasuki VVIP Terminal 3.

    Disusul setelah Pham Minh Chinh, sekitar pukul 11.30 WIB, Perdana Menteri Kamboja Hun Manet juga tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

    Tercatat 22 negara akan menghadiri KTT ke-43 ASEAN, yaitu 11 negara ASEAN, termasuk Timor Leste dan sembilan negara mitra wicara yakni Korea Selatan, Jepang, India, China, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, dan Amerika Serikat.

    Sementara kepala negara dari negara mitra yang hadir di KTT ASEAN di antaranya Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris, Perdana Menteri (PM) China Li Qiang, PM Jepang Fumio Kishida, PM Kanada Justin Trudeau, hingga Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. Sedangkan Presiden Rusia Vladimir Putin diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

    Dua negara yang merupakan undangan yaitu Bangladesh karena menjadi ketua IORA Indian Ocean Rim Association (IORA). Kemudian yang satunya lagi Cook Islands karena menjadi ketua PIF, Pacific Islands Forum.

    IORA dan PIF diundang karena menjadi salah satu prioritas pertemuan KTT adalah Indo-Pasifik yang damai, stabil, sejahtera, inklusif.

    Sembilan organisasi internasional juga akan hadir, di antaranya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, yang akan fokus pada isu ekonomi.

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

    Dapatkan informasi lainnya di  http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Contoh Baik Tata Kelola Sampah Laut Indonesia di KTT AIS Forum

    Di Kota Padang, Sumatera Barat, sebagian masyarakat, termasuk para nelayan saat ini berebut mengumpulkan sampah karena dapat ditukarkan menj Selengkapnya

    Indonesia Suguhkan ‘Cultural Experience’ dalam KTT AIS Forum

    Program Cultural Experience ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mempromosikan keragaman dan kekayaan pariwisata dan ekonomi kreatif Selengkapnya

    Konkret dan Simpel, Indonesia Perkenalkan Keramba dan Rumpon Ikan ke Negara AIS Forum

    Indonesia berusaha membagikan solusi dan inovasi praktis yang sudah terbukti hasilnya di Indonesia untuk bisa diadaptasi dan diterapkan di n Selengkapnya

    KTT AIS Forum 2023 Upaya Indonesia Menjadi Negara Maritim Kuat

    Kebijakan hilirasi mendorong adanya industrialisasi berbasis komoditas bernilai tambah tinggi menuju struktur ekonomi yang lebih kompleks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA