FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 08-2023

    754

    Menkominfo Ajak Sivitas Melaju Ciptakan Kedaulatan Ruang Digital

    SIARAN PERS NO. 206/HM/KOMINFO/08/2023
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 206/HM/KOMINFO/08/2023

    Kamis, 17 Agustus 2023

    tentang

    Menkominfo Ajak Sivitas Melaju Ciptakan Kedaulatan Ruang Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menegaskan Kementerian Kominfo harus mampu berdiri tegak untuk kemajuan bangsa, menjadi ujung tombak pembangunan infrastruktur dan ekosistem digital yang merata.

    "Sebagaimana para pahlawan mengambil langkah penuh keberanian menuju kemerdekaan, kita pun harus yakin untuk mengambil langkah menuju ruang digital berdaulat dan inklusif bagi semua," ajaknya dalam Upacara Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (17/08/2023).

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen kolektif sivitas Kementerian Kominfo merupakan modal dasar kesuksesan yang perlu dijaga.

    "Saya mengajak semua yang di pusat maupun di daerah, agar bangkit dengan energi baru, bangkit dengan komitmen baru. Mari kita nyalakan kembali semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia, sebagai nafas dalam membangun konektivitas ke seluruh penjuru negeri," ungkapnya.

    Saat ini Kementerian Kominfo memiliki tugas penting agar masyarakat Indonesia mendapatkan manfaat optimal dari kemajuan teknologi yang terus berkembang.

    "Apabila seabad lalu negara-negara Eropa dan Amerika Utara mendominasi kemajuan ekonomi global, kini menurut studi IMF, empat dari lima negara yang diproyeksikan menjadi raksasa ekonomi dunia di masa depan berasal dari benua Asia. Indonesia menduduki salah satu posisi tersebut bersama dengan Tiongkok, India, dan Jepang," ungkap Menkominfo.

    Menteri Budi Arie menyatakan penguasaan terhadap teknologi digital menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan studi Bappenas, teknologi mampu mendorong pertumbuhan ekonomi hingga sebesar 6%. Kontribusi ekonomi digital terhadap PDB nasional juga diprediksikan akan melonjak ke angka 20,7% pada tahun 2045.

    "Data-data ini kembali menegaskan betapa strategisnya peran Kementerian Kominfo bagi pembangunan negeri ini," tandasnya.

    Oleh karena itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengajak seluruh sivitas bergerak maju menyongsong masa depan bangsa dengan ukiran karya Kominfo di dalamnya.

    "Tidak ada alasan untuk pesimis. Semua harus bergerak maju dalam optimisme. Semua harus terus melaju, untuk Indonesia maju, seperti tema peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, hari ini," tegasnya.

    Upacara diikuti Wamenkominfo Nezar Patria, Pejabat Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian Kominfo, serta sivitas Kementerian Kominfo.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id 

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 304/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    Siaran Pers No. 301/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kominfo Selaraskan Visi Indonesia Digital dengan Ekonomi Hijau

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan telah menyusun Visi Indonesia Digital 2045 sebagai dukungan mewujudkan Indonesia Emas 2045. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 300/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Ekonomi Digital Bertumbuh, Wamen Nezar Patria Ajak Permias Seattle Ambil Bagian

    Wamen Nezar Patria mengajak Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) untuk bersiap dan aktif menjadi bagian dalam memanfaa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA