FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 07-2023

    333

    Pasarkan Paket Wisata Melalui OTA, Dorong Desa Wisata di Jatim Naik Kelas

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Madiun, Kominfo - Pemerintah mendorong desa-desa wisata di Jawa Timur terutama yang telah masuk dalam Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf untuk membuat paket-paket wisata dan memasarkannya melalui Online Travel Agent (OTA).

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan berupaya membantu mempromosikan desa wisata, on-boarding paket-paket wisata pada platform OTA mitra Kemenparekraf. Salah satunya melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Beli Kreatif Desa Wisata Naik Kelas (Beti Dewi).

    "Kami membawa perwakilan desa-desa wisata untuk naik kelas agar produk-produk ekraf dan paket wisatanya bisa dietalasekan atau ditampilkan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), dalam kegiatan yang berlangsung di GCIO Diskominfo Madiun. Minggu (16/07/2023).

    Dalam kegiatan itu hadir sebagai peserta pengelola dari 10 desa wisata dan lima sentra ekonomi kreatif di Jawa Timur.  Menparekraf Sandiaga berharap melalui program ini para pengelola desa wisata dapat memaksimalkan potensi pariwisata yang ada di daerahnya sekaligus memasarkan produk ekonomi kreatif. Wisatawan yang datang tidak sekadar berkunjung tapi juga belanja produk-produk ekraf desa wisata.

    Desa wisata juga diharapkan meningkatkan kualitas destinasi dan pelayanan sehingga dapat mendongkrak pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta membantu tercapainya 4,4 juta lapangan pekerjaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

    "Ekonomi kreatif kita itu bergerak kalau ada konsumsi dan konsumsi ini kita harapkan juga meningkatkan pendapatan desa-desa wisata sehingga dapat membuka peluang usaha, menciptakan lapangan kerja, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga.

    Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono, menargetkan tahun ini ada 100 desa wisata yang dapat onboarding ke OTA mitra Kemenparekraf yakni Traveloka, Mister Aladin, Atourin, dan Djalanin.com.

    "Dalam menjual paket wisata tentu akan ada proses kurasi terlebih dahulu, mereka harus punya paket wisata yang memang bisa mereka kerjakan dengan standardisasi yang ditentukan baik dari kami maupun OTA," kata Marhen.

    Wali Kota Madiun, Maidi, menyampaikan apresiasi atas program peningkatan kapasitas pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Madiun. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di Madiun dan Jawa Timur pada umumnya.

    "Semoga pariwisata Kota Madiun semakin berkembang dan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Madiun," ujar Wali Kota Maidi.

    Berita Terkait

    Indonesia Intensifkan Upaya Diplomasi, Dorong Deeskalasi Ketegangan di Timur Tengah

    Menlu Retno telah melakukan komunikasi intensif dengan para pemimpin dunia, termasuk Menteri Luar Negeri dari Iran, Arab Saudi, Yordania, Me Selengkapnya

    Pemerintah Dorong Konsumen Cerdas dan Berdaya di Era Digital

    Selengkapnya

    Wapres Paparkan Strategi Tingkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

    Digitalisasi juga masih menjadi tantangan lain karena telah menimbulkan kesenjangan dan marginalisasi digital, Selengkapnya

    Pemerintah Dorong Penataan Ekosistem Logistik Lewat Penerapan NLE

    Penerapan NLE ini menjadi salah satu inisiatif Pemerintah di bidang logistik yang bisa menjangkau berbagai indikator di LPI Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA