FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 06-2023

    1232

    Presiden Sambut Kunjungan Kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Bogor, Kominfo - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Senin (19/06/2023). Ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak naik tahta menjadi Kaisar Jepang pada 1 Mei 2019.

    Iring-iringan kendaraan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di pintu gerbang Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB dengan diiringi pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana kemudian menyambut keduanya saat turun dari mobil dan langsung bersalaman.

    Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

    Selanjutnya, kedua pemimpin negara memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

    Sementara itu, delegasi Jepang yang hadir antara lain Head of Official Suit Fukuda Yasuo, Duta Besar Jepang untuk RI Kanasugi Kenji, Grand Steward of the Imperial Household Nishimura Yasuhiko, Grand Chamberlain to the Emperor Bessho Koro, Grand Master of the Ceremonies Imperial Household Ihara Junichi, dan Press Secretarty to the Emperor Shiojiri Kojiro.

    Setelah memperkenalkan masing-masing delegasi, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana kemudian mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, keempatnya menuju veranda belakang Istana Bogor untuk kemudian berbincang sejenak.

    Selain itu, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana juga memperlihatkan ikan arwana super red kepada Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako. Ikan arwana jenis ini banyak ditemukan di sungai Kalimantan Barat, terutama di danau Sentarum dan sungai Kapuas yang merupakan habitat asli dari ikan arwana merah.

    Selanjutnya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana bersama Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melakukan penanaman pohon Gaharu bersama di halaman belakang Istana Bogor. Keempatnya juga tampak menyiram pohon secara bersama-sama setelah ditanam.

    Selepas itu, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menuju ke Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor untuk meninjau koleksi anggrek yang ada. Presiden Jokowi tampak berada di kursi kemudi saat keempatnya menaiki mobil golf menuju ke Kebun Raya Bogor.

    Setelah melakukan pernyataan pers bersama, Presiden Joko Widodo dan Kaisar Naruhito kemudian kembali ke Istana Bogor untuk selanjutnya mengadakan pertemuan empat mata atau tête-à-tête. Sementara itu, Ibu Iriana mengadakan acara pendamping bagi Permaisuri Masako di Ruang Perak.

    Rangkaian acara kunjungan kenegaraan ini kemudian ditutup dengan jamuan santap siang kenegaraan di Ruang Garuda. Dalam jamuan makan siang, Presiden dan Ibu Iriana berbincang hangat dengan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako.

    Presiden Joko Widodo antara lain bercerita mengenai kebinekaan yang dimiliki Indonesia hingga kesamaan hobi naik gunung dengan Kaisar Naruhito. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga menjelaskan mengenai batik dan filosofinya.

    Berita Terkait

    Presiden Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya usai pertemuan menyebut bahwa kunjungan Menlu Vivian adalah dalam rangka mempersiapkan Selengkapnya

    Presiden Gelar Griya Bersama Para Menteri di Istana Negara

    Acara gelar griya menjadi ajang untuk merenungkan nilai-nilai sosial, kebersamaan, dan harapan bagi bangsa Indonesia. Selengkapnya

    Presiden Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

    Bantuan yang dikirimkan tersebut, kata Presiden, bernilai kurang lebih Rp30 miliar berupa obat-obatan dan peralatan-peralatan kesehatan dan Selengkapnya

    Presiden Berbuka Puasa Bersama dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju

    Ini merupakan buka puasa bersama yang digelar kembali di Istana setelah terakhir digelar pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA