FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 04-2023

    1327

    Indonesia dan Jerman Tindak Lanjuti Kerja Sama Bidang Transformasi Digital

    SIARAN PERS NO. 63/HM/KOMINFO/04/2023
    Kategori Siaran Pers
    Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong usai pertemuan Indonesian-German Digital Dialogue (IGDD) yang berlangsung di Hannover Convention Center, Hannover, Jerman, Rabu (18/04/2023). - (Sina)

    Siaran Pers No. 63/HM/KOMINFO/04/2023

    Rabu, 19 April 2023

    tentang

    Indonesia dan Jerman Tindak Lanjuti Kerja Sama Bidang Transformasi Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Bundesministerium für Digitales und Verkehr (BMDV – Kementerian Digital dan Transportasi) Jerman menyelenggarakan pertemuan Indonesian-German Digital Dialogue (IGDD).

    Pertemuan itu merupakan salah satu tindak lanjut Joint Declaration of Intent (JDoI) atau perjanjian kerja sama kedua negara di bidang transformasi digital.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan dalam pertemuan pertama IGDD kedua pihak melakukan pertukaran informasi dan diskusi tentang perkembangan kebijakan digital untuk dituangkan dalam Work Plan. 

    “JDoI memuat kesepakatan kerja sama di bidang digital policy and strategy, data policies, internet governance processes and policies, digital technologies, sustainable digital transformation, dan digital inclusion. Work Plan ini untuk menentukan prioritas dan tujuan Kementerian Kominfo dan BMDV di tahun 2023 dan 2024,” ujarnya usai pertemuan IDGG yang berlangsung di Hannover Convention Center, Hannover, Jerman, Rabu (18/04/2023).

    Pertemuan pertama IGDD membahas tema "Objectives and Priorities of the Indonesian–German Digital Dialogue" yang meliputi Digital Policies and Strategy, Digital Emerging Technologies, dan Digital Business Opportunities and Models.

    “Ini merupakan pertemuan pertama IGDD yang diagendakan untuk rutin diadakan setiap tahun,” tutur Dirjen Usman Kansong.

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo menjelaskan  peran pemerintah dalam implementasi kesepakatan tersebut adalah melalui kebijakan dan regulasi. Guna mengimplementasikan kesepakatan tersebut secara konkret, delegasi Indonesia yang dipimpinnya juga menghadirkan perwakilan industri.

    "Tadi juga ada beberapa dari kalangan industri yang kita undang ikut berbicara karena nanti yang mengkonkretkan apa-apa yang sudah kita dialogkan sebetulnya adalah mereka-mereka ini, industri-industri ini," jelasnya.

    Menurut Dirjen Usman Kansong, setiap negara memiliki perbedaan kondisi yang menyebabkan terjadinya perbedaan aturan yang diterapkan di negara masing-masing.

    "Kita tentu saja bisa menerapkan sesuatu yang sudah diterapkan di negara lain, tetapi cocok enggak diimplementasikan di negara kita, tetapi kita bisa melakukan harmonisasi," tandasnya.

    Oleh karena itu, dalam pandangan Dirjen IKP Kementerian Kominfo, hal terpenting adalah kedua belah pihak memiliki semangat yang sama  untuk mendorong perkembangan teknologi digital. 

    “Dengan adanya kesepakatan tersebut, diharapkan Indonesia tidak hanya menjadi konsumen teknologi tetapi juga produsen teknologi,” tegasnya.

    Dalam pertemuan ini, Delegasi Republik Indonesia dipimpin Dirjen IKP  Kementerian Usman Kansong, sementara delegasi Jerman dipimpin Director General Digital and Data Policy Benjamin Brake. 

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 307/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA