FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 04-2023

    749

    Ribuan Warga Ubrak-abrik Gedung DPR RI, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan video di media sosial Facebook berisi klaim bahwa ribuan warga mengubrak-abrik Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

    Konon dalam unggahan itu disebutkan, bahwa aksi tersebut merupakan bentuk pembelaan para warga terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim itu tidak benar.  Dilansir dari kompas.com, gambar dalam thumbnail video identik dengan gambar di lamantempo.co mengenai artikel penentangan mahasiswa terhadap beberapa Rancangan Undang-Undang (RUU) yang dianggap bermasalah.

    Jadi gambar tersebut tidak berkaitan dengan narasi ribuan warga mengubrak-abrik Gedung DPR RI. Dalam video itu tidak ditemukan informasi konkret terkait alasan ribuan warga mengubrak-abrik Gedung DPR RI.  Narator dalam video hanya membacakan artikel dari republika.co.id terkait dukungan para buruh kepada Mahfud MD atas pembongkaran skandal dugaan tindak korupsi dan pencucian uang di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Kementerian Keuangan.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (11/04/2023):

    1. [HOAKS] Pesan WhatsApp Mengatasnamakan Akulaku
    2. [HOAKS] Bela Mahfud MD, Ribuan Warga Ubrak-abrik Gedung DPR RI
    3. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kadiskominfo Kabupaten Kudus

    4. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Pesantren Modern Al-Manar 

    5. [DISINFORMASI] Ida Dayak Melakukan Terapi Jalan untuk Pangeran Arab 

    6. [DISINFORMASI] Arteria Dahlan Ditangkap Polisi karena Ikut Menikmati Uang Rp349 Triliun

    Berita Terkait

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    Video Kerusakan Parah Akibat Gempabumi Tuban? Itu Keliru!

    Ternyata, video yang memperlihatkan kerusakan rumah dan jalan itu merupakan kejadian akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang terjadi pad Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA