FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 04-2023

    2138

    [DISINFORMASI] Indonesia Kembali Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 Usai Presiden Jokowi Turun Tangan Temui Presiden FIFA

    Kategori Hoaks | Viska

    Penjelasan :

    Terdapat unggahan video disertai narasi yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung datang ke markas Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan melobi Presiden FIFA Gianni Infantino agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pada tampilan video tersebut dituliskan pula klaim "Presiden Jokowi turun tangan Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20".

    Faktanya, klaim yang menyebutkan Indonesia tetap menjadi tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 dan menyebutkan bahwa Presiden Jokowi datang langsung ke markas FIFA untuk memohon agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 adalah tidak benar. Dilansir dari laman cek fakta liputan6.com, diketahui bahwa klaim pada video tersebut adalah hoaks dan tidak memiliki sumber kredibel. Pada laman resmi fifa.com, tidak ditemukan informasi seperti yang disebut dalam klaim. Adapun pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden FIFA Gianni Infantino pada video tersebut adalah pertemuan Presiden Jokowi saat menghadiri sidang pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-35 di Bangkok.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Komisi Pemilihan Umum Telah Menerbitkan Jadwal Pemilihan Presiden Putaran Kedua

    Selengkapnya

    [HOAKS] Mahasiswa Tuntut Presiden Jokowi Turun dari Jabatannya

    Selengkapnya

    [HOAKS] Jessica Kumala Wongso Dapat Remisi dari Presiden Jokowi dan Bebas 5 Januari 2024

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Megawati Marah Besar karena Presiden Jokowi "Obok-Obok" PDIP

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA