FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2022

    1260

    Siap-Siap Disapa Robot UU di Pertemuan Keempat DEWG G20

    Kategori Berita Kominfo | mth
    - (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

    Badung, Kominfo – Ada hal unik dalam Pertemuan Keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau 4th Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting G20 di Hotel Mulia, Nusa Dua, Badung, Provinsi Bali. Pengunjung siap-siap disapa oleh robot UU (dibaca: You You). Bahkan, Robot UU hadir dan sempat berdialog dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat Pembukaan Pameran Industrial Task Force (ITF) DEWG, Senin (29/08/2022).

    Robot berwarna putih itu berukuran tinggi sekitar satu meter dan memakai kain endek dan udeng ikat kepala khas Bali. UU siap menyapa para delegasi DEWG di depan pintu masuk ruang pertemuan.

    GM Research Management PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Edyson B Tamba mengatakan robot berteknologi artificial intelligence (AI) itu dinamakan UU yang artinya kamu dalam bahasa Inggris.

    “UU Kalau bahasa Inggris adalah kamu. Jadi dia (robot) kita buat memiliki artificial intelligence, sehingga bisa belajar mengenali diri kita,” ujar Edyson di lokasi acara Pertemuan Keempat DEWG Meeting G20.

    Menurut Edyson, Robot UU berteknologi 5G itu sudah bisa berinteraksi dengan manusia melalui perintah suara (voice command), perintah visual dan gerakan lain sesuai permintaan. Misalnya mengangkat tangan, berjalan, melakukan sejumlah gerakan hingga melakukan tanya jawab jika diperintahkan. 

    “(Robot) UU bisa melakukan apa saja yang kita mau minta. Dia bisa disuruh untuk menyanyi, bisa berinteraksi, ngobrol gitu karena dia sebetulnya connect langsung ke Google Cloud jadi nanti dijawab pertanyaannya,” tuturnya.

    Sayangnya situasi ruangan yang cukup ramai membuat robot yang dilengkapi perangkat tablet tersebut tidak bisa langsung merespons perintah suara. Robot UU baru akan mengenali perintah suara jika situasinya cukup tenang atau suaranya jelas didengar, sehingga kurang cocok untuk digunakan di ruangan terbuka. 

    “Kalau ruangannya sepi atau tertutup dia bisa mengenali suara kita dengan bahasa Inggris. Dengan bahasa lain sementara ini belum bisa,” katanya.

    Edyson menjelaskan, Robot UU merupakan salah satu contoh teknologi 5G yang dipamerkan Telkomsel untuk para delegasi DEWG G20. Selain teknologi AI, dalam gelaran DEWG G20 terakhir ini Telkomsel juga membawa teknologi virtual reality, augmented reality, hingga Internet of Things (IoT) untuk diperkenalkan ke masyarakat, khususnya pada delegasi yang hadir.

    “Dari tadi sudah ada beberapa delegasi DEWG yang hadir dan mencoba berinteraksi dengan Robot UU ini. Sebetulnya tujuan kami untuk menunjukkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang teknologi, karena seluruhnya jaringannya telah dikelola anak bangsa,” jelasnya. (Elvira/US/Wahyu)

    Reporter: Wahyu Sudoyo

    Editor: Untung S

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Koordinasi Persiapan KTT ke-42 ASEAN 2023

    Rapat membahas Koordinasi Persiapan Komunikasi Publik KTT ke-42 ASEAN 2023 Selengkapnya

    Sinyal 5G di Pertemuan Keempat DEWG dan DEMM G20 Berstandar Internasional

    Hadirnya sinyal 5G yang dilakukan oleh PT Telkomsel telah sesuai dengan acuan yang diterbitkan lembaga international Telecommunications Unio Selengkapnya

    Terapkan Prokes Ketat, Pertemuan Keempat DEWG G20 Nihil COVID-19

    Para delegasi yang hendak melakukan tes swab wajib menerapkan prokes ketat, dengan menggunakan masker ketika berada di dalam dan luar ruanga Selengkapnya

    Delegasi India: Indonesia Tetapkan Standar Tinggi di Penyelenggaraan DEWG G20

    "Praktis tanpa cela, semua agenda sukses terlaksana," kata salah satu Delegasi India, Naman Upadhyaya, kepada Kominfo Newsroom di Hotel Muli Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA