FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 03-2022

    952

    Video Putin Bicara Kelangkaan Minyak Goreng Indonesia, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten berupa cuplikan pidato Presiden Rusia Vladimir Putin dengan teks berbahasa Indonesia. Konon, dalam narasi, Putin tampak tengah mengomentari soal kelangkaan minyak goreng yang terjadi di Indonesia.

    Faktanya, cuplikan video pidato Vladimir Putin tersebut telah disunting dengan menuliskan teks terjemahan yang tidak sesuai dengan video aslinya.

    Dilansir dari Liputan6.com, ditemukan video serupa pernah diunggah oleh stasiun televisi asal Rusia bernama RT pada 9 Mei 2016. Dalam tautan artikel yang disematkan terdapat penjelasan bahwa video tersebut merupakan pidato Vladimir Putin saat Perayaan Kemenangan Rusia ke-71 di Lapangan Merah, Moskow, 9 Mei 2016.

    Dapat disimpulkan bahwa pidato Putin saat itu sama sekali tidak berkaitan dengan persoalan kelangkaan minyak goreng di Indonesia.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sabtu (05/03/2022):

    1. [DISINFORMASI] Foto Kecelakaan Truk Pengangkut Rudal dari Indonesia ke Rusia
    2. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah
    3. [HOAKS] Video Vladimir Putin Berbicara Soal Kelangkaan Minyak Goreng di Indonesia

    Berita Terkait

    UNHCR Terjerat Keimigrasian? Itu Hoaks!

    UU Keimigrasian tidak dapat digunakan untuk menjerat UNHCR sebab pengungsi Rohingya bukanlah imigran ilegal yang diselundupkan. Selengkapnya

    BI Beri Bansos Produktif untuk Pelaku UMKM, Itu Hoaks!

    Bank Indonesia menegaskan pihaknya bukan lembaga penyalur bansos produktif sebagaimana informasi yang beredar. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA