FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 01-2022

    2031

    Pemerintah Luncurkan Penggerak Muda Pasar Rakyat

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Jakarta Pusat, Kominfo - Kementerian Perdagangan bersinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan program Penggerak Muda Pasar Rakyat. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi optimistis kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing pedagangdan pengelola pasar rakyat serta memberi pengalaman penting bagi mahasiswa bekerja di pasar rakyat. 

    “Dengan sinergi ini, mahasiswa akan membantu pemerintah melaksanakan program dan kebijakan terkait pembinaan kepada pedagang dan pengelola pasar rakyat secara komprehensif. Nantinya, kerja sama ini akan turut menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia di masa yang akan datang,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ‘Penguatan dan Pemberdayaan Pasar Rakyat melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka’. Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilaksanakan secara virtual, dari Jakarta Pusat, Selasa (18/01/2022)..

    Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan dengan Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam, serta disaksikan oleh MendagLutfi dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

    Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini antara lainimplementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui Magang Bersertifikat ‘Penggerak Muda Pasar Rakyat’ dalam bentuk tiga kegiatan, yaitu Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat, Penerapan Digitalisasi Pasar Rakyat, serta Aktivasi Sekolah Pasar dan pertukaran data dan informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Magang Bersertifikat ‘Penggerak Muda Pasar Rakyat’ sendiri bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa di pasar rakyat selamasatu semester. 

    Mahasiswa nantinya akan mendapatkan keterampilan, mampu menyelesaikan permasalahan pekerjaan yang kompleks, adaptif, dan soft skill lainnya seperti etika profesi pekerjaan, komunikasi, dan kerja sama.Berdasarkan survei penduduk pada 2020, jumlah usia produktif di Indonesia mencapai 70,7 persen, yang artinya, banyak tenaga kerja atau sumber daya manusia produktif yang dapat terpakai dan perlu disiapkan. Semakin besar bonus demografi, semakin besar pula suatu negara dapat memacu pertumbuhan ekonominya. Salah satunya melalui investasi sumber daya manusia dan penyediaan lapangan pekerjaan.

    “Bonus demografi ini harus dimanfaatkan dengan optimal. Jumlah usia produktif yang saat ini mencapai 70,7 persen dari jumlah total penduduk Indonesia harus disiapkan sebaik mungkin sehingga adaptif dengan permasalahan yang ada di masyarakat khususnya di sektor perdagangan pasar rakyat” imbuh Mendag.

    Magang Bersertifikat ‘Penggerak Muda Pasar Rakyat’ direncanakan akan dilaksanakan di beberapa pasar rakyat yang tersebar di 15 kabupaten/kota, yaitu Kota Palembang, Kota Padang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Denpasar, Kota Samarinda, Kota Malang, Kota Surakarta, Kota Kupang, Kota Manado, Kabupaten Gowa, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Banyumas. Pelaksanaan magang dilakukan mulai Tahun Ajaran Semester Genap 2022 pada 7 Februari—22 Juli 2022.

    Mendikbudristek Nadiem menyampaikan, pihaknya sangat menyambut baik sinergi ini. Diharapkan dengan dilaksanakannya program ini, dapat turut mendorong pemulihan ekonomi nasional.

    “Kita membutuhkan ide-ide brilian dari para mahasiswa untuk membangun kembali perekonomian Indonesia, yang salah satunya dengan menguatkan pasar rakyat,”ujar Mendikbudristek.

    Menurut Dirjen PDN Oke Nurwan, Kemendag akan terus mendorong inovasi dalam upaya penguatan dan pemberdayaan pasar rakyat, termasuk melalui kerja sama dengan akademisi dan penyiapan talenta muda sebagai potensi dari bonus demografi Indonesia.

    “Kemendag akan terus mendorong dan menggiatkan program penguatan serta pemberdayaan pasar rakyat melalui keterlibatan akademisi di wilayah-wilayah lainnya, sehingga pasar rakyat nantinya menjadi lebih berdaya saing,” jelas Oke

    Berita Terkait

    Upaya Pemerintah Kembangkan Parekraf Berkelanjutan di IKN

    Menparekraf menjelaskan berbagai upaya dilakukan dalam mendukung pengembangan parekraf berkelanjutan. Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    Presiden Lakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN

    Menurut Presiden Joko Widodo, sebanyak 12 tower hunian dijadwalkan selesai pada bulan Juni, diikuti oleh 21 tower tambahan pada bulan Septem Selengkapnya

    Pemerintah Jadikan IPDN Kampus Pencetak Birokrat Berwawasan Digital

    IPDN memainkan peran vital sebagai pencetak birokrat berwawasan digital yang menguasai teknologi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA