FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 12-2021

    53

    Kominfo Siapkan Layanan 5G di MotoGP Mandalika

    Kategori Artikel | doni003
    - (Infopublik/Amiriyandi)

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menyiapkan layanan jaringan telekomunikasi 5G dalam penyelenggaraan balap motor terbesar di dunia, MotoGP musim 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Maret mendatang. Layanan serupa pernah diberikan ketika digelarnya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua, Oktober lalu.

    Kepastian itu diungkapkan oleh Menteri Kominfo Johnny G Plate usai menerima kunjungan Komandan Lapangan MotoGP 2022, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (27/12/2021). Johnny mengatakan, jaringan 5G yang dibawa ke sirkuit jalan raya sepanjang 4,31 kilometer itu bekerja pada spektrum frekuensi di 2,3 gigaherzt (GHz) sehingga hanya berfungsi untuk beberapa jenis perangkat saja.

    Menkominfo mengaku telah berkomunikasi dengan pabrikan pembuat handheld yang beroperasi di frekuensi 2,3 GHz. Mereka, kata Johnny, telah membuka software-nya sehingga jaringan 5G akan hadir untuk perangkat telepon seluler tertentu ketika gelaran MotoGP seri kedua diadakan di Mandalika.

    "Sedangkan perangkat seperti Apple yang bekerja di frekuensi 2,6 GHz belum tersedia. Karena spektrumnya masih digunakan bagi kepentingan pelayanan satelit dan bukan untuk telekomunikasi," kata menteri. Adapun pengalaman untuk merasakan jaringan 5G akan diselenggarakan oleh tiga operator seluler seperti Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo.

    Layanan 5G ini akan ikut digelar ketika diadakan tes pramusim MotoGP, pertengahan Februari 2022 di Sirkuit Mandalika. Uji coba layanan 5G saat pramusim MotoGP 2022 dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kesiapan Indonesia menyiapkan sisi telekomunikasi dan informatika untuk suksesnya MotoGP di Mandalika.

    Kominfo juga akan menggerakkan mobile unit dari Balai Monitoring Kominfo di Lombok. Mereka akan berkoordinasi dengan Balai Monitoring di Denpasar, Banyuwangi, dan Surabaya. Pergerakan tiap mobile unitBalai Monitoring bagi kepentingan keselamatan penerbangan merupakan salah satu aspek penting dalam pelaksanaan MotoGP 2022 di Mandalika.

    Ini untuk memastikan tidak terjadi intervensi perangkat yang ada di pesawat terbang dengan perangkat radio di darat. “Spektrum frekuensi ini akan dijaga melalui peralatan-peralatan Balai Monitoring Kominfo yang akan di-deploy di Mandalika nanti,” ujar Menkominfo.

    Hadi Tjahjanto mengatakan, agar penyelenggaraan MotoGP berjalan lancar, pihaknya akan melakukan tactical floor game seperti simulasi bersama kementerian-kementerian terkait. Hasilnya kemudian dievaluasi untuk melihat apa saja yang perlu dibenahi sekaligus mengantisipasi permasalahan yang bakal timbul.  

    Balapan seri kedua di Sirkuit Mandalika akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022. Sebelum seri balap diadakan, sirkuit yang dirancang oleh rumah desain Populous ini akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP, 11-13 Februari 2022. Sekitar 900 pebalap dan ofisial akan hadir untuk mengetes kesiapan mesin motor mereka sebelum dipakai berlomba selama satu musim balap.

    Hadi juga memastikan balap MotoGP Mandalika 2022 akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari penyaringan penonton melalui aplikasi PeduliLindungi, penyediaan fasilitas uji usap PCR dan antigen, hingga pengaturan kapasitas penonton di tribun agar kewajiban menjaga jarak tetap terpenuhi.

    Sumber : indonessia.go.id

    Berita Terkait

    Kominfo Fokus Bangun Telekomunikasi Papua

    Kominfo menargetkan pembangunan menara BTS di 4.519 titik di Papua pada 2021-2022. Sebanyak 100 kontainer berisi material BTS juga telah ber Selengkapnya

    Masuki Era Digital, Kominfo Kembangkan Literasi Digital untuk Masyarakat

    Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun dan mengembangkan program untuk mempercepat masyarakat Indonesia memasuki era digital. Selengkapnya

    Paduan Suara Kominfo Semarakkan Peresmian Tol Langit

    Peresmian Palapa Ring yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, diiringi oleh Paduan Suara Kementerian Kominfo (14/10/2019). Tim Paduan S Selengkapnya

    Kominfo Ajak Seluruh Kalangan Perangi Hoaks

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan data terkait penyebaran isu negatif termasuk informasi bohong atau hoaks di media sosial Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA