FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 10-2021

    928

    Tetesan Air Jeruk Nipis Kurangi Minus Mata, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar di media sosial Facebook, sebuah unggahan video yang mengklaim jika meneteskan air jeruk nipis langsung ke mata dapat mengurangi minus. Konon, dalam video itu dinyatakan selain dapat mengurangi minus mata, tetesan air jeruk nipis dapat membuat pandangan lebih jernih, mata sehat, dan tidak perlu menggunakan kacamata lagi.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, bahwa Ketua Kelompok Staf Medis Vitreoretina Pusat Mata Nasional RS Cicendo Bandung, dr. Grimaldi Ihsan, Sp.M(K) mengatakan klaim itu hoaks dan berpotensi membahayakan mata.

    Menurutnya, tindakan itu juga berpotensi menimbulkan infeksi jika air jeruk nipis yang diteteskan ke mata tidak bersih atau terkontaminasi.

    "Secara umum jeruk nipis memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, namun untuk mengurangi minus pada mata belum ada penelitian yang mendukung. Sampai saat ini belum ada obat atau makanan yang terbukti secara klinis dapat langsung menurunkan mata minus atau gangguan mata lainnya," jelasnya.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (12/10/2021):

    [DISINFORMASI] Foto Monumen Koin Rp11 Ribu Triliun

    [HOAKS] Tetesan Air Jeruk Nipis Dapat Mengurangi Minus pada Mata

    [HOAKS] Parapatan Luhur PSHT akan Digelar di Padepokan Agung Madiun

    [HOAKS] Penjualan Kalender Police News 2022 oleh Polda Jateng Seharga Rp100 Ribu

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wakil Bupati Klungkung

    Berita Terkait

    BI Beri Bansos Produktif untuk Pelaku UMKM, Itu Hoaks!

    Bank Indonesia menegaskan pihaknya bukan lembaga penyalur bansos produktif sebagaimana informasi yang beredar. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA