FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 10-2021

    351

    Bantu Kelancaran PJJ, Kemenag Salurkan 3,6 Juta Paket Data Internet

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004
    Siswa dan mahasiswa belajar secara daring di pondok puncak bukit Merona, Desa Hinas Kanan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Senin (27/9/2021). - (antarafoto)

    Jakarta Pusat, Kominfo - Kementerian Agama kembali menyalurkan bantuan paket data internet. Bantuan diberikan kepada siswa dan guru madrasah, serta dosen dan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).  Total bantuan yang didistribusikan pada September 2021 ini mencapai 3,6 juta paket data.

    Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan pemberian bantuan paket data ini merupakan langkah pemerintah agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi, tetap berjalan lancar.

    “Alhamdulillah, untuk tahap ketiga ini telah tersalurkan 3,6 juta bantuan paket data ke stakeholders lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama,” jelasnya di Jakarta Pusat, Rabu (06/10/2021).

    Menag menjelaskan ada empat tujuan pemberian bantuan paket data. Pertama, memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan pelayanan pendidikan selama pandemi Covid-19. Kedua, melindungi warga pada satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19. Ketiga, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan. "Keempat, membantu operasional kegiatan pembelajaran jarak jauh," tuturnya.  

    Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani menambahkan, sesuai data yang dihimpun para penanggung jawab, total ada 3,6 juta penerima bantuan paket data tahap III ini. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

    1. 518.978 mahasiswa PTKI;
    2. 16.749 dosen PTKI;
    3. 405 dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) pada perguruan tinggi umum;
    4. 446.243 guru madrasah;
    5. 26.117 guru PAI di sekolah;
    6. 431.786 siswa MA;
    7. 774.634 siswa MTs; 
    8. 1.105.585 siswa MI; dan 
    9. 291.181 siswa RA. 

    Menurut Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, total penyaluran bantuan paket data pembejaran jarak jauh adalah sebesar Rp3.611.678,00.

    "Para penerima bantuan paket data ini adalah mereka yang nomor ponselnya sudah terdaftar di salah satu sistem aplikasi, di antaranya: EMIS, SIMPATIKA/SIAGA, Aplikasi PTU, dan  Aplikasi Lintasi DAI," jelasnya.

    Berita Terkait

    Bangun Papua, Pemerintah Terapkan Harmoni Kesejahteraan dan Keamanan

    “Karena itu pembangunan di Papua ini harus mengharmoniskan antara kesejahteraan dan keamanan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’r Selengkapnya

    Tingkatkan Keamanan Siber, Pemerintah Luncurkan Aplikasi SATRIA

    "Semoga momentum ini dapat memperkuat fondasi keamanan transformasi digital pemerintah dan selanjutnya dapat segera diterapkan menyeluruh di Selengkapnya

    Pemerintah Salurkan Bantuan Kuota Data Internet ke 24,4 juta Penerima

    Pemerintah mulai menyalurkan bantuan kuota data internet ke 24,4 juta penerima yang nomornya telah berhasil diverifikasi dan divalidasi. Men Selengkapnya

    Pemerintah Lanjutkan Bantuan Kuota Data Internet dan UKT 2021

    Pemerintah melanjutkan pemberian bantuan kuota data internet dan uang kuliah tunggal. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA